Memprihatinkan, MTS Al-Khairaat Poso Numpang Belajar Di Masjid

0
62
Foto: Suasana Puluhan Siswa MTs AL-Khairaat Poso Numpang Belajar Di TPA Masjid

POSO RAYA- Puluhan siswa baru tahun ajaran 2017/2018 yang ada di Madrasah Tsanawiah Al-Khairaat Poso terpaksa harus menumpang belajar, kondisi sambil melantai dengan fasilitas serba terbatas itu berada di Taman Pengajian Al-Quran (TPA) Masjid.

Kondisi ini dilakukan pihak yayasan karena ruang kelas terbatas, sehingga tidak mampu menampung jumlah siswa sebanyak 140 siswa.

Sementara itu, pada Jumat 21 Juli 2017 lokasi sekolah yang berada di Kelurahan Moengko Lama, Poso Kota terdapat 20 siswa baru terpaksa harus menumpang belajar disalah satu ruangan TPA Masjid Al-Furqan.

Kondisi ruangan yang sempit berukuran 4×6 meter, fasilitas belajar mengajar para siswa sangat memperihatinkan, mereka duduk melantai tanpa menggunakan karpet dan meja belajar.

Kepala sekolah MTs Al-Khairaat Poso, Risnawati S.Panti mengatakan, siswanya menumpang belajar mengajar di TPA Masjid terpaksa harus dilakukan akibat terbatasnya ruangan kelas yang ada.

Dimana dari 140 jumlah siswa yang ada, ruangan kelas sekolah baru tersedia sebanyak lima ruangan. Bahkan dari lima ruangan kelas itu, satu diantaranya merupakan ruangan perpustakaan sekolah yang dijadikan ruangan belajar siswa.

“Mereka menumpang belajar di TPA Masjid itu baru sekitas satu minggu, ini terpaksa kami lakukan agar para siswa tetap bisa belajar meskipun kondisinya duduk melantai,” ucap Kepsek Risnawati.

Kepsek menjelaskan, jika sekolah ini dibangun sejak tahun 2013 silam atas bantuan Pemda Poso yang bekerjasama dengan yayasan Al-khairaat.

Sekolah memiliki lima ruangan belajar untuk 140 siswa, laki-laki 74, perempuan 66 dengan tenaga guru sebanyak 16 orang.

Meskipun puluhan siswa yang numpang belajar di TPA Masjid mulai mengeluh, namun pihak yayasan tidak bisa berbuat banyak, karena tidak adanya anggaran untuk biaya pembangunan tambahan ruangan kelas.

“Kita tidak tau berapa lama kita pinjam ruangan TPA Masjid, saya sangat berharap secepatnya ada bantuandari pihak Pemda atau Pemerintah Pusat dalam menyikapi kondisi fasilitas sekolah yang sangat terbatas ruangan kelas,” harapnya.

Dimana sekolah tersebut merupakan Majelis Pendidikan Al-Khairaat milik Yayasan Al-Khairaat dengan kondisi ruangan kelas yang terbatas.

Namun para siswa di sekolah ini tergolong berprestasi. Banyak catatan prestasi telah ditorehkan para siswa, di antaranya pernah mengikuti lomba Olimpiade Sains Matematika di tingkat Kabupaten di Kota Palu pada tahun 2014 lalu.

Selain itu siswa juga berhasil menjadi juara umum lomba olahraga Kabupaten Poso, seperti lomba cerdas cermat, lomba ceramah ddan beberapa ivent  lainnya yang digelar oleh Pemda Poso. (Pr)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY