Sampah Bertumpuk, Petugas Kebersihan Tak Berfungsi

0
84
Foto: Tumpukan sampah yang menutupi sebagian badan jalan dalam Kota Bungku (Foto: Bambang)

MOROWALI, POSO RAYA – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali dalam mempercantik Kota Bungku menuju penilaian Adipura tahun 2017 ini.

Namun ternyata hal tersebut tidak didukung oleh kinerja petugas kebersihan yang disediakan Pemkab untuk menjaga kebersihaan kota agar terlihat indah, rapi, dan nyaman dipandang mata. Ironisnya masih ada saja sampah yang berserakan hingga ke badan jalan.

Di Kelurahan Tofoiso, Kecamatan Bungku Tengah misalnya, terdapat tempat pembuangan sampah yang disediakan pihak Pemkab Morowali, terlihat tumpukan sampah yang berhamburan hingga ke badan jalan.

Menurut salah seorang warga sekitar, antusias warga sebenarnya sudah baik untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Namun saat sampah sudah menggunung, petugas kebersihan tak juga mengangkutnya sehingga sudah berhamburan di tengah jalan.

“Kalau warga sebenarnya sudah membuang sampah pada tempatnya, tapi petugas kebersihannya saja yang belum mengangkutnya, ya otomatislah sudah sampai ke tengah jalan” kata salah seorang warga yang enggan disebut namanya saat diwawancara, Kamis (13/7/2017).

Ia juga mengeluhkan dan merasa sangat terganggu dengan sampah tersebut, karena selain mengeluarkan bau busuk, jika angin bertiup kencang, ada sampah plastik yang masuk hingga ke dalam rumahnya.

“Kira-kira sudah satu minggu sampah ini tidak diangkut-angkut, tidak tau kemana petugas kebersihan ini, kita sudah tidak nyaman dengan baunya yang sangat busuk” ungkapnya.

Sementara, salah seorang pengendara sepeda motor yang kebetulan melintas, saat ditanyakan mengenai sampah tersebut mengeluhkan berhamburannya sampah tersebut, ia merasa terganggu dengan sampah yang sudah sampai ke badan jalan dan berharap pihak terkait segera menanganinya. (Bbg)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY