Pembahasan AKD Alot Tertutup Oleh Media

0
107
Foto: Sidang Paripurna DPRD Poso (Foto: Dok)

POSO RAYA – Sidang Paripurna pada  Senin (21/2) membahas  pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) berlangsung  di ruang sidang utama, akhirnya tidak menghasilkan keputusan apapun. Sidang bersifat  tertutup  untuk awak media  tersebut  sejak  awal  sudah memberi bayangan bahwa akan berakhir deadlock.

Rumitnya  pembahasan  komposisi  jabatan internal dewan  ini  bisa jadi  karena  tarik  menarik  kepentingan di dalamnya berdasarkan usulan  fraksi  masing-masing. Dugaan bakal deadlocknya kesepakatan itu  sudah  di hitung  sebelumnya. Bahkan jelang   rapat  dilaksanakan, sejumlah pengamat telah  memprediksi bakal buntunya   komunikasi  politik  di internal dewan sendiri.

Beberapa  bidang  jabatan yang masuk dalam pembahasan, adalah  badan anggaran (Banggar), Badan kehormatan.

Bagi partai  dengan  jumlah  perolehan  kursi  lebih besar, tentu  sudah mempunyai titik  aman pertama karena sudah memperoleh  jatah setidaknya  ketua  dewan dan ketua  bagian  anggaran dan badan musyawarah.

Kalau  melihat  dari  perolehan  kursi  saat ini  maka  yang memiliki  lampu hijau  adalah Partai  Demokrat. Partai  berlambang Mercy pimpinan Piet Ingkiriwang itu, selama sepuluh tahun mampu mempertahankan delapan kursi  DPRD di Kabupaten Poso.

Kemudian menyusul dengan  kuota lima kursi  di peroleh Partai berlambang beringin Golongan karya (Golkar). Setelah Golkar lalu mengekor rapat Partai Rajawali (Gerindra) memperoleh empat kursi,  dan si Moncong merah (PDIP) sebanyak tiga  kursi.

“Perolehan kursi  setiap Partai pasti mempunyai pengaruh  tawar  politik. Tetapi yang terpenting  sebenarnya adalah  komunikasi untuk mencapai mufakat.” Ujar Iskandar Lamuka, dari partai mercy demokrat, dan sekarang sebagai ketua komisi III DPRD Poso.

Setelah deadlocknya percakapan mereka melalui Paripurna pertama membahas kelengkapan Dewan, akhirnya  di sepakati lagi  akan di lanjutkan pada  tanggal 27 Februari minggu depan. (Nan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY