SKPD Harus Kreatif Mencari Sumber Diluar APBD

0
141
Para pejabat saat mengikuti uji kompetensi sebelum dilantik menjadi kepala SKPD.(foto :ist)

POSO RAYA – Beban APBD kabupaten Poso sudah sangat berat menanggung berbagai biaya untuk menggerakkan birokrasi yang sangat gemuk. Para pimpinan SKPD harus putar otak untuk melaksanakan program-program pembangunan tanpa harus tergantung pada anggaran yang sudah semakin kecil.
Memang dalam dokumen APBD sudah tertera apa saja yang diprogramkan selama 1 tahun kedepan. Namun ditengah masyarakat kini muncul harapan pemerintah tidak bekerja normatif saja, namun bisa mempercepat pembangunan dengan program kreatif yang langsung menyentuh masyarakat.
“Kepala SKPD mulai sekarang saya kira harus kreatif mencari sumber-sumber pembiayaan pembangunan diluar APBD, salah satu caranya bisa dengan melibatkan swasta,”kata tokoh muda Rizal C Marimbo. Beberapa daerah, seperti kota Palu sebenarnya sudah menjalankan cara ini dalam pengelolaan sampah dan pembuatan tugu di beberapa titik dalam kota mereka.
Selain kreatif menjalin kerjasama dengan swasta yang saling menguntungkan, Rizal berharap para kepala dinas fokus dalam mengeksekusi program yang sudah dicanangkan, sehingga tidak menjadi hutang ditahun berikutnya. Pria yang juga pengurus HIPMI Pusat ini menekankan pentingnya pemerintah mewujudkan layanan publik yang maksimal kepada masyarakat. Salah satunya dalam soal mendapatkan KTP maupun dokumen lainnya, termasuk kemudahan izin berusaha.
“Pejabat yang kreatif itu harus bergerak terus, tidak hanya nanti menunggu arahan Bupati saja, tapi harus proaktif mencari solusi dalam membangun daerah,”katanya.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY