BKDRB Temukan PNS Senior Mendapat Promosi Kurang Wajar

0
181
Yan Edward Guluda

POSO RAYA – Setelah berbulan bulan berlangsung, penggodokan calon pejabat eselon III dan IV,  akhirnya rampung secara administrasi. Data nama serta penempatan calon pejabat itu telah berada ditangan bupati,  Darmin Agustinus  Sigilipu. Jumlahnya lebih dari 800 orang. Nantinya mereka akan mengisi posisi-posisi teknis disemua SKPD yang ada.

“Jumlah PNS yang segera dilantik sebagai pejabat oleh pak Bupati jumlahnya lebih dari 800 orang. Mereka merupakan keseluruhan dari semua jenjang jabatan baik untuk pejabat esselon tiga maupun eselon empat,”ujar pelaksana tugas kepala Badan  Kepegawaian Daerah Reformasi Birokrasi (BKDRB) Yan Edward Guluda, kepada  Poso Raya, Minggu, (22/1) kemarin.
Terkait waktu pelaksanaan pelantikannya, Yan belum memberi kepastian waktu di tetapkan, namun dia mengatakan kalau waktunya dipastikan pekan ini juga, tergantung jadual Bupati.
“Yang bisa saya pastikan bahwa pada minggu di muka ini, antara  Senin sampai Jumat pasti akan terlaksana kegiatanya,”kata Yan. Tentang jadual pastinya, pihak BKDRB masih  menunggu petunjuk bupati.
Pada proses seleksi calon pejabat, kepala BKDRB memastikan bahwa tidak ada lagi calon pejabat yang mendapat kursi eselon tanpa mempertimbangkan jenjang karier yang dimiliki. Proses seleksi, lanjut Yan Guluda dilakukan  berdasarkan petunjuk undang–undang (UU) tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada penempatan pejabat   kedepan, ditambahkan Yan lagi bahwa Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat )akan selalu merujuk pada jenjang karier seseorang. Artinya tidak ada pejabat yang lompat jabatan tanpa mengikuti golongan dan karier yang pernah dilalui.
Selama proses pemeriksaan berkas, Yan mengakui mereka menemukan banyak PNS senior yang sebenarnya sudah layak mendapat jabatan esselon, tetapi kandas karena sebelumnya tidak diberi peluang. Sebaliknya ditemukan pula beberapa pejabat yang baru beberapa tahun naik pangkat, tetapi sudah mendapat jabatan strategis.
”Banyak kami temukan yang seperti itu. Tetapi tidak mungkin lagi bersangkutan dikembalikan ke posisi yang sesuai, karena  sudah terlanjur dilantik. Pada penempatan pejabat kali ini kami dapat  memastikan bahwa  semua pejabat harus sesuai dengan jenjang karier di miliki, selama manjadi Pegawai Negeri Sipil,”tegas Yan. Nan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY