SD Satu Atap Toyado Masih Belajar Di Perumahan

0
132
Gedung Sekolah SATAP Desa Toyado Kecamatan Lage. (Foto: Ferdinand)

POSO RAYA –  Pendidikan di kabupaten   Poso pada faktanya   belum secara menyeluruh  penyediaan sarana  dan prasarana pendididkan dapat terpenuhi  di semua  jenjang pendidikan. Sebut saja   sekolah  satu atap (SATAP)  SD-SMP  yang berlokasi di  desa  Toyado  kecamatan lage. Sekolah ini mungkin  berkategori paling  kurang fasilitas  selama  ini. Pemenuhan  tempat  Mandi Cuci Kakus  (MCK)nya  saja  baru tahun 2016  dapat  teratasi setelah bertahun tahun  siswa   harus pulang rumah  masing masing hanya  untuk buang hajat. “Sekarang kita sudah di bangunkan  MCK  dan  Laboratorium praktek siswa  SMP pak. Terima kasih kepada  pemerintah kabupaten Poso.” Kata kepala sekolah SATAP  Masnur A. Tadji  kepada Poso  Raya. Kamis (19/1).
Dilema di hadapi sekolah tersebut sekarang adalah fasilitas ruang belajar  siswa  SD. Saat Poso Raya bertandang ke sekolah  ini, ada  yang mengagetkan  setelah melihat  siswa kelas  satu tingkat  dasar   sekolah tersebut, berkumpul  di perumahan guru di dampingi  guru  kelasnya. Mereka bukan  sedang bersenda gurau  tetapi  sedang  terjadi  belajar mengajar  di ruang  tinggal  guru  sekolah di maksud. “Kami terpaksa menggunakan  perumahan   karena sudah tidak ada  ruangan  lain.” Terang Masnur  beralasan.
Kalau saja ruangan  depan gedung perumahan itu cukup luas, mungkin tidak akan  bermasalah. Yang terlihat ketika itu,  ruanganya  tidak lebih dari  2,5  meter  lebarnya kemudian di buat  sedikit memanjang. Sepertinya tempat tersebut  sebagai   persiapan ruang tamu. Di sinilah anak anak  tersebut  belajar  dengan penuh suka cita  tanpa  peduli  dengan hawa panas karena  ruang sempit. NAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY