TPI Gebang Rejo Difungsikan Kembali

0
184
Aktifitas jual beli ikan di TPI Gebang Rejo, Poso Kota selalu ramai setiap hari. Namun sayangnya sistem perdagangan ikan disini tidak melalui pelelangan. Dinas Perikanan mengatakan akan segera memulai sistem lelang mulai pekan ini.(foto :Samsol Batubara)

POSO RAYA – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Poso yang terletak di kelurahan Gebang Rejo, Poso Kota akan segera difungsikan kembali setelah sekian lama tidak digunakan. Selama ini setiap kali kapal atau perahu nelayan sandar disini langsung diambil oleh pedagang pengepul atau tengkulak. Kepala Dinas Perikanan, Yusak Mentara mengatakan, mulai pekan ini tempat ini akan difungsikan kembali sebagai pusat pelelangan.
Dikatakan Yusak, difungsikannya kembali TPI sebagai tempat pelelangan ikan dalam rangka menunjang peningkatan kesejahteraan nelayan serta pengembangan bisnis masyarakat. Sisi positif lain dari berfungsinya pelelangan ikan adalah pendapatan bagi daerah dari sektor perikanan bisa diketahui secara pasti.
Kepala bidang nelayan tangkap dinas Perikanan, Sartiman mengatakan, difungsikannya kembali TPI sebagai tempat pelelangan ikan untuk mengurangi monopoli bisnis ikan yang sudah terjadi selama ini.
“TPI akan menjadi pusat interaksi ekonomi bagi pedagang ikan dengan fihak nelayan  dan masyarakat pada umumnya,”kata Yusak Mentara. Ditambahkannya, bila ikan tangkapan nelayan di lelang maka harga yang diperoleh oleh para nelayan itu sendiri menjadi lebih baik sebab ditentukan dengan cara yang lebih fair yakni penawar yang memberi harga lebih baik.
Sejumlah nelayan yang biasa mangkal di TPI Gebang Rejo menyambut baik rencana difungsikannya kembali lokasi itu sebagai tempat lelang ikan secara terbuka. Utu Darise, salah seorang warga yang ditemui di TPI mengatakan,jika ini difungsikan kembali maka pendapatan daerah dari sektor perikanan dipastikan bertambah mengingat TPI Gebang Rejo ini sangat strategis karena menjadi tempat berkumpulnya para nelayan.(Sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY