BLH Rencanakan Ubah Sampah Jadi Kompos

0
110
Murniati Putosi

POSO RAYA – Sejak diserahi tanggungjawab mengelola kebersihan kota, Badan Lingkungan Hidup (BLH) melakukan beberapa perbaikan, mulai dari meningkatkan kinerja petugas kebersihan hingga mewacanakan program mengolah sampah menjadi kompos dan barang lainnya yang bernilai ekonomis.
Kepada Poso Raya, kepala BLH, Murniati Putosi mengutarakan tekat menjadikan Poso kota menjadi lebih bersih dan rapi. Karenanya dirinya tidak segan turun langsung bersama para petugas kebersihan mememberihkan lingkungan.
Selain bersih-bersih, pengelolaan sampah menurut Murniati akan dilakukan bukan hanya menumpuknya di TPA, kedepan sampah-sampah yang dihasilkan rumah tangga akan diolah kembali hingga memiliki nilai ekonomis. Mulai dari kompos sebagai bahan pupuk organik hingga dibuatkan batako. Dikatakan Murniati, butuh kerja keras dan kemauan keras untuk mewujudkan cita-cita itu selain ketersediaan anggaran.
Hingga kini persoalan sampah memang menjadi persoalan serius di kabupaten Poso, selain kekurangan armada pengangkut, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah mengancam lingkungan kini harus diatasi oleh BLH. Lokasi baru yang direncanakan di antara kelurahan Kayamanya dan Moengko, Poso Kota juga dinilai tidak sesuai dengan RTRW. Padahal ditengah cita-cita pemerintah daerah meraih Adipura, keberadaan TPA menjadi mutlak karena merupakan salah satu kriteria penilaian yang sangat penting.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY