Bumdes Desa Pancasila Kelola Air Bersih

0
161
ilustrasi meteran air

POSO RAYA – Berbicara kebutuhan air bersih bagi kehidupan manusia merupakan hal yang sangat vital.Tersedianya air bersih merupakan tanda semakin bagusnya drajat kesehatan masyarakat. Desa Pancasila, kecamatan Pamona Timur, memiliki sumber mata air melimpah, namun hingga kini distribusinya ke rumah-rumah warga belum tertata bagus. Karena itu para tokoh bersama kepala desa kemudian melakukan perbaikan dengan memasang meteran disetiap rumah warga, usaha ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Meski sudah dipasang meteran, namun hingga kini Bumdes belum menetapkan berapa tarif resmi dari penggunaan air bersih. Sekdes Pancasila, Meidy Samperongko mengatakan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik, terutama dari sisi kesehatan. Pemerintah desa juga berhasil mengelola potensi yang ada di desa menjadi lebih bermanfaat dari segi pendapatan dan pelayanan masyarakat.
Bukan itu saja, usaha Bumdes ini juga berarti pemerintah desa dan masyarakat bersama-sama bertanggungjawab memelihara kelangsungan sumber air, yang artinya menjaga lingkungan dari kerusakan. Melimpahnya air di desa yang berada diujung selatan kecamatan Pamona Timur ini bisa dilihat dari banyaknya kolam ikan dihalaman rumah warganya.
“Dengan terpasangnya meteran air maka sumber air akan terlindung tidak lagi terhambur,”katanya. Sampai berita ini naik cetak Bumdes Desa Pancasila terus membenahi baik adminitrasi maupun program program usaha yang berguna untuk masyarakat.
Tokoh masyarakat Pancasila yang biasa disapa Opa Banteng mengingatkan masyarakat untuk terus memelihara sumber air mereka, sebab hal itu merupakan urat nadi kehidupan. Bila tidak dilakukan, ancaman krisis air akan dialami oleh generasi mendatang desa ini mengingat desa Pancasila dikelilingi oleh ekspansi tanaman sawit yang bisa mengganggu sumber air.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY