Pasokan Air ke RSUD Poso Tersendat

0
108
Reza Rerungan

POSO RAYA – Sekretaris RSUD Poso Reza Rerungan mengakui kalau mereka mengalami kesulitan air karena terbatasnya suplai yang diperoleh dari PDAM. Saat ini bak penampungan mereka yang berukuran 3×3 meter hanya bisa bertahan 1 hari jika terisi penuh.
PDAM sendiri kini menetapkan zonasi wilayah untuk menggilir air untuk bisa menjangkau seluruh pelanggannya. RSUD Poso yang berada di kelurahan Kasintuwu mendapat giliran pada malam hari, itupun hanya 2 jam saja. Hal inilah yang membuat pasokan air ke instalasi layanan kesehatan ini terhambat.
“Kita sudah meminta agar rumah sakit diberikan jalur khusus karena ini fasilitas kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat,”kata Reza. Namun permintaan itu belum disanggupi oleh PDAM, buktinya jadual giliran air belum berubah. Menghadapi situasi ini RSUD kemudian membeli air dari PDAM untuk mengisi bak penampungan mereka dengan menggunakan mobil tangki.
Kesulitan air ini memang jadi persoalan serius karena menjadi penentu hidup mati pasien. Bayangkan saja, menurut Reza, ada pasien yang sudah diruang operasi terpaksa harus kembali dikeluarkan dari ruang operasi karena ternyata tidak ada air yang menjadi salah satu kebutuhan operasi.
Kebutuhan air di RSUD dimasa mendatang diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat banyaknya pembangunan ruang perawatan baru dan pasien yang terus bertambah dari hari ke hari. Tidak lancarnya pasokan air menurut pihak RSUD sudah dilaporkan ke Sekda. Mereka berharap ada solusi agar masalah ini tidak berlarut-larut dan pelayanan kepada pasien bisa diberikan secara maksimal.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY