Iskandar :Ada Konsensus Menghargai Hasil Pemilu

0
88
Rapat Paripurna DPRD

POSO RAYA – Suhu politik di DPRD Poso mulai menghangat. Bukan karena pileg atau pilkada, namun tidak lama lagi posisi pimpinan dan alat kelengkapan dewan akan segera dikocok ulang. Sejumlah pimpinan komisi diperkirakan bakal berubah.
Berubahnya konstelasi politik di kabupaten Poso pasca kemenangan pasangan Darmin-Samsuri turut mempengaruhi peta kekuatan politik di DPRD Poso yang dikuasai oleh partai Demokrat dengan 8 kursi. Dengan komposisi 8 kursi itu, Demokrat menempatkan kadernya pada beberapa posisi kunci di alat kelengkapan dewan. Salah satunya adalah komisi III yang dimpimpin oleh Iskandar Lamuka yang merupakan kades Demokrat. Selain Iskandar, posisi wakil ketua komisi II juga dijabat kader partai pimpinan Piet Inkiriwang itu, yakni Hermawan Nggau.
Kemenangan Darmin yang diusung koalisi Golkar dan PKS serta didukung PPP tentu membuat komposisi kelengkapan DPRD ini bakal berubah.
Iskandar Lamuka, kepada Poso Raya mengatakan, perubahan atau kocok ulang pimpinan kelengkapan dewan merupakan hal yang lumrah. Hal itu sudah diatur dalam tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2014. Sehingga menurut dia tidak ada yang istimewa jikapun terjadi perubahan komposisi pimpinan kelengkapan.
“Sudah ada aturannya, dibeberapa daerah malah ada yang setiap satu tahun melakukan kocok ulang, kita disini kan menggunakan waktu dua setengah tahun. Meski konstelasi politik berubah, namun Iskandar mengatakan, ada kesepakatan awal yang dibuat dan disepakati seluruh fraksi bahwa ada penghargaan terhadap hasil pemilu legislatif 2014 lalu yang intinya terkait penempatan kader partai di alat kelengkapan dewan.
Namun Iskandar mengatakan meski ada konsensus, dirinya mengatakan, ada proses lobi, pembicaraan dan kesepakatan yang akan dicapai terkait proses kocok ulang ini. Kapan waktunya, Iskandar mengatakan, saat ini DPRD masih menunggu jadual yang akan disusun oleh Badan Musyawarah. Yang pasti, nantinya setiap calon yang diajukan akan dipilih secara terbuka.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY