PNS Pertanyakan Keterlambatan Gaji

0
57
Kantor Bupati Poso

POSO RAYA – Sejumlah pegawai negeri sipil yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai mempertanyakan keterlambatan pembayaran gaji mereka. Hingga Senin (9/1) kemarin belum ada pembayaran gaji yang dilakukan.
“Biasanya gaji sudah diterima paling lambat tanggal 5 bulan berjalan, ini sudah satu minggu lebih belum ada informasi jelas kapan kita terima,”kata seorang pegawai di kantor Bupati yang ditemui Senin kemarin. Beberapa pegawai lainnya juga mempertanyakan keterlambatan ini.
“Kalau gaji kita terlambat, otomatis juga biaya hidup terganggu, kita harus bacakar lagi cari tambahan atau pinjaman,”kata seorang pegawai yang bertugas disebuah kantor kelurahan dalam kota Poso. Akibat keterlambatan ini, sejumlah pihak langsung mengkaitkan hal ini dengan kondisi keuangan pemda yang hingga kini belum juga mampu membayar semua tagihan pihak rekanan maupun SKPD.
Sementara itu mantan kepala BPKAD, Ruddi R Rompas yang dimintai tanggapannya meminta para PNS untuk memahami kondisi yang ada.
“Sebelum saya tinggalkan BPKAD, saya sudah mendisposisi pembayaran gaji pegawai. Pembayaran kewenangan gaji ke propinsi juga sudah ditandatangani,” akunya.
Menurut Rudy Rompas, surat keterangan penghentian pembayaran (SKPP) juga sudah dibuat diakhir tahun kemarin, dalam kapasitasnya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran. “Penyerahan SKPP sudah dilakukan akhir tahun kemarin. Daftar gaji diakhir tahun juga sudah dibuatkan. Namun ada penyesuaian sistem kaitan dengan kelembagaan baru, sehingga terjadi keterlambatan pembayaran,” tandasnya.
Ia meminta kepada para PNS di Poso untuk bersabar dan memahami kondisi yang ada. “Ini bukan cuma dialami Poso, tapi beberapa daerah lainnya juga mengalami kondisi yang sama.  Dimohon kesabaran semua pegawai. Pasti akan segera dibayarkan,” ujarnya. (MM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY