Pantai Karang Lestari, Pesona Baru Tojo Unauna

0
185
PANTAI KARANG LESTARI, Obyek Wisata Kebanggaan Masyarakat Tojo Barat, bisa berselvi ria dengan mengambil back ground kapal nelayan yang merapat di dermaga setiap pagi. FOTO SEH ABDULLAH.

POSO RAYA – Mengawali tahun baru 2017, pantai karang lestari nampak lebih ramai dari biasanya.  Obyek wisata yang terletak di Desa Malei Tojo, Kecamatan Tojo Barat itu belakangan ini memang banyak dilirik pengunjung. Selain, menjadi sarana memanjakan mata dengan panorama alamnya yang menggoda, juga menjadi tempat para nelayan bersandar. Asal tahu saja, di pantai indah itu terdapat dermaga kebanggan masyarakat Tojo Barat. Bertepatan dengan awal tahun, 1 Januari 2017, Wakil Bupati Kabupaten Tojo Unauna, Admin Lasimpala, berkenan meresmikannya.
“Kami bangga dengan desa kami, telah memiliki dermaga sebagai kebanggaan masyarakat Kecamatan Tojo Barat”, kata salah seorang pengunjung yang mengaku berdomisili di Desa Malei Lage. Begitulah terobosan Pemda Tojo Unauna, sekaligus menjadi kado awal tahun bagi kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Poso itu, memacu semangat rakyatnya dalam menjalani tahun 2017. Bukan apa-apa, selama ini dermaga terdekat bagi kapal ikan untuk membongkar muatan hanya terdapat di Desa Tombiano, Ibukota Kecamatan Tojo Barat. “Kami berharap, dermaga ini selain menjadi sarana bagi nelayan, juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar, karena itu menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan merawatnya”, kata Admin, sebelum meresmikan dermaga tersebut.
Kini kawasan pantai yang terletak sekitar 18 km dari Kota Poso itu, sudah menjadi sasaran uatama bagi pengunjung, dari luar Desa Malei, selain pantainya bersih juga terdapat sarana dan fasilitas lainnya berupa kandepe (dego-dego) beberapa buah. Tak heran, jika masyarakat banyak yang memilihnya sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga, baik yang berasal dari Kabupaten Tojo Unauna maupun dari wilayah Kabupaten Poso.
“ini pertama kalinya saya datang kemari, selain ingin berekreasi bersama keluarga, kami juga ingin melihat dermaga kapal yang baru diresmikan. Ternyata keindahan pantainya diluar perkiraan saya, tak rugi rasanya jauh-jauh kita datang dari kota Poso. Karena keindahan pantai ini tak bisa dinilaii dengan kata-kata.”ungkap syamsudin, salah seorang pengnjung kepada Poso Raya. DUL

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY