Jalur Sangele-Padamarari Segera Diperbaiki

0
59
Ruas jalan Sangele-Padamarari masih harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke danau Poso terus dilakukan.(foto :dok vincent)

POSO RAYA-Sebagai daerah tujuan wisata andalan, kondisi infrastruktur jalan di lingkar danau Poso masih memprihatinkan. Salah satunya ruas jalan Sangele-Padamarari yang belum memadai. Pemerintah daerah menjadikan pembenahan infrastruktur ini sebagai salah satu prioritas yang akan dikerjakan tahun ini.
Jalur Sangele-Padamarari menjadi penting saat pemda menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Meski tidak ditetapkan sebagai daerah destinasi wisata unggulan di Sulteng, namun danau Poso masih menjadi daya tarik wisatawan asing dan domestik yang mengunjungi Poso.
Dalam Peraturan Gubernur Nomor: 35 Tahun 2016 Tentang penetapan destinasi wisata priorotas Sulawesi Tengah. Dalam peraturan itu hanya terdapat penetapan destinasi wisata cagar budaya megalitikum di Lembah Besoa dan Megalitikum di Lembah Bada.
Kepala Dinas Parekraf Provinsi Siti Norma Mardjanu mengatakan penatapan terhadap destinasi wisata tersebut, berangkat dari potensi yang dimiliki oleh objek-objek wisata tersebut. Misalkan magalitikum di Besoa yang sebelum ditetapkan telah ramai di kunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.
Upaya pemda Poso meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mempromosikan kawasan danau Poso memang terus digenjot. Salah satunya dengan membenahi Padamarari menjadi destinasi wisata baru. Selain Padamarari yang memiliki pemandangan elok, Bupati Darmin A Sigilipu berencana membuka jalan darat yang menghubungkan Peura-Dulumai-Tolambo. Ketiga desa ini juga memiliki potensi eko wisata dengan kehidupan desa yang masih kental dengan budaya Poso. Dengan terbukanya akses jalan, Bupati berharap wisatawan mudah mengaksesnya.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY