Patung Sogili-Ikan Mas Segera Hiasi Tentena

0
138
Patung Sogili dan Ikan Mas yang akan menjadi maskot ditaman kota Tentena.(foto ;dok)

POSO RAYA – Sebagai kota tujuan Wisata di Sulteng, Kota Tentena bisa dibilang masih tertinggal dibanding kota wisata lainnya di Indonesia. Disini tidak ada Landmark, sebuah penanda yang menonjol yang menjadi pusat kota. Salah satu upaya untuk menghadirkannya adalah pembangunan taman kota di kelurahan Sangele, kecamatan Pamona Puselemba. Akan ada patung Sogili dan Ikan Mas yang dianggap sebagai simbol danau Poso dipasang ditengah taman.
Arsitek David Towengke mengatakan, pemilihan dua hewan penghuni danau Poso itu sebagai simbol keterbukaan wilayah Pamona terhadap penduduk dari wilayah lain. Simbol itu ditunjukkan dalam pemilihan ikan Mas yang aslinya bukanlah berasal dari danau Poso.
“Sebenarnya ikan endemik danau Poso itu ikan Bungu, tapi sudah punah, setelah itu masuklah ikan Mas, nah ini kan dari luar yang kemudian hidup berkembang di danau Poso, ini simbol keterbukaan alam Poso terhadap masyarakat dari luar,”kata David.
Pembuatan patung Sogili dan Ikan mas yang berbobot lebih dari setengah ton itu memakan waktu panjang. Dikerjakan disebuah tempat di Magelang, proses pengirimannya ke Tentena memakan waktu hampir sepekan. Kedua ikon danau Poso ini akan ditempatkan tepat ditengah taman kota Tentena yang pembangunannya masih akan dilanjutkan jika anggaran tersedia. Mengapa demikian? David menjelaskan, hingga kini pembangunan taman baru mencapai sekitar 50 persen. Tidak tersedianya anggaran menjadi sebab tidak kunjung selesainya pembangunannya.
David mengatakan, rencananya, ditaman itu nantinya akan dilengkapi dengan pusat jajanan sehingga aktifitas ekonomi warga juga bisa berputar. Keberadaan pusat jajanan juga akan menjadi salah satu solusi bila pemda menertibkan pujasera yang berada tepat diantara dua jembatan Tentena yang kini sudah terlihat begitu kumuh.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY