Pejabat yang Kena Sanksi KASN

0
128
Longki Djanggola

POSO RAYA – Ada 3 pejabat di Poso yang mendapatkan rekomendasi untuk disanksi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Dua pejabat telah dicopot. Namun satu pejabat lainnya hingga kini belum tersentuh. Bupati Darmin A Sigilipu beberapa waktu lalu mengatakan, satu pejabat itu menunggu keputusan Gubernur.
Saat ditanya sikapnya terhadap keputusan KASN yang memberi sanksi kepada 3 pejabat penting di kabupaten Poso. Lewat pesan singkatnya, Gubernur Longki Djanggola mengatakan hal itu menjadi kewenangan Bupati.
“Tanya ke Bupati Poso yang punya kewenangan soal itu,”kata Longki singkat. Pernyataan ini menimbulkan pertanyaan, sebab sebelumnya Bupati menyebut kalau satu pejabat yang belum juga diberikan sanksi sesuai rekomendasi KASN itu menjadi kewenangan Gubernur.
KASN sebelumnya menjatuhkan sanksi terhadap 3 pejabat pemda Poso terkait keputusan melantik 4 pejabat kepala SKPD pada akhir tahun 2015 silam. Saat itu terjadi polemik apakah bupati yang sisa masa jabatannya 6 bulan lagi masih bisa memutasi atau mengangkat pejabat atau tidak sesuai dengan undang-undang. Berdasarkan UU no 8 tahun 2015 tentang pilkada, yang dilarang melakukan pergantian adalah bupati petahana yang akan mencalonkan diri lagi.
Namun ternyata masih ada beberapa aturan lagi yang menurut KASN melarang dilakukan pergantian jelang berakhirnya masa jabatan Bupati. Akibatnya 3 dalam Baperjakat kabupaten Poso harus menerima sanksi. Mereka yang sudah dicopot adalah kepala BKDRB dan Kepala Bagian Hukum, sementara Sekda masih menunggu apakah menjadi kewenangan Bupati atau Gubernur.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY