Dirjen PPM Kemendes Buka Festival Hasil Bumi

0
136
Ahmad Erani Yustika

POSO RAYA-Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Desa, Ahmad Erani Yustika hari ini menghadiri Festival Hasil Bumi di Tentena yang diselenggarakan Institut Mosintuwu. Kegiatan ini diikuti sekitar 40 perwakilan desa yang ada di kabupaten Poso dan Morowali Utara.
Direktur Institut Mosintuwu, Lian Gogali mengatakan, kedatangan Dirjen ini akan dimanfaatkan untuk berdialog dengan masyarakat desa terkait dengan program pembangunan yang dilaksanakan di desa.
Bukan hanya Ahmad Erani, beberapa pejabat penting di Kemendes juga akan turut menyertainya seperti Direktur PUED dan beberapa pejabat kementerian Desa lainnya.
Diskusi dengan Dirjen, kata Lian akan membahas bagaimana desa mengembangkan kehidupan ekonomi, sosial budaya masyarakat yang mensejahterakan. Selain pejabat Kementerian, hadir pula pendiri bank tani yang sangat terkenal yakni Masril Koto. Kehadiran aktifis petani seperti Masril lanjut Lian diharapkan bisa membagikan pengalaman dan pengetahuan dia selama mendirikan ratusan bank yang sukses meningkatkan taraf hidup petani di Sumatera.
Desa membangun dengan hasil bumi yang menjadi tema diskusi dalam festival ini tidak terlepas dari kondisi saat ini di kabupaten Poso, sebagian desa telah mendirikan Bumdes. Namun diketahui juga, belum sebagian diantaranya yang punya konsep bagaimana membuat perusahaan desa itu mampu meningkatkan perekonomian warga.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY