Komisi I Panggil Kades Rato Ombu

0
122
Kepala Inspektorat Rama Tandawuya (tengah) bersama kepala bagian pemdes Yunirson Penyami dan kades Rato Ombu, Dewi Santi Limpo memberi keterangan kepada komisi I DPRD Poso terkait laporan warga mengenai pengelolaan dana desa Rato Ombu yang dinilai tidak transparan.(foto :samsol batubara)

POSO RAYA – Komisi I secara resmi memanggil kepala desa Rato Ombu, kecamatan Lage Dewi Santi Limpo untuk dimintai keterangannya terkait laporan masyarakatnya yang menuding dirinya tidak transparan dalam mengelola dana desa sejak 2015 lalu. Sebelumnya warga menyebut, keputusan pengelolaan dana ratusan juta itu dilakukan Dewi bersama suaminya.

Asna, bendahara koperasi desa Rato Ombu mengatakan tidak transparannya pengelolaan dana desa mereka oleh kades dikarenakan tidak ada keterlibatan warga dalam mekanisme pengelolaan yang diatur undang-undang.
Dalam pemeriksaan oleh komisi I, Dewi Santi membantah tudingan warga terhadap dirinya. Dia justru mengatakan sumber daya manusia di desanya masih lemah, sehingga dirinya berinisiatif mengambil pekerjaan administrasi agar program desa tetap berjalan.
Menjawab tudingan tentang pengelolaan dana desa yang tidak benar, Dewi mengatakan dia sudah menjalankan sesuai dengan perintah UU. Hadir dalam hearing itu kepala Inspektorat, Camat Lage, dan Kabag Pemdes.
Sementara itu Camat Lage Hadi Purnama mengatakan, pihaknya akan mendalami laporan warga Rato Ombu itu. Pihak Bagian Pemdes sendiri menurut Yunirson juga akan turut tangan untuk menyelesaikan persoalan itu. Dia menegaskan bahwa didalam managemen pemerintah desa di seluruh Kabupaten Poso masih banyak yang belum sepenuhnya  mampu mengelola dana desa. Masih banyak desa-desa yang didalam mengelola pembangunan desa atau Dana Desa  masih perlu bimbingan serta peningkatan sumberdaya manusianya.
Kepala Inspektorat, Rama Tandawuya, mengemukakan tetang masalah pengelolaan,Dana Desa Rato Ombu, akan terus didalami dan apabila ternyata terindikasi ada bukti penyalahgunaan kewenangan dalam kelola dana desa, fihaknya akan mangambil tindakan tegas sesuai Hukum yang berlaku. ( Sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY