Jadikan Poso Pusat Wisata Sulteng

0
105
air Terjun Saluopa

POSO RAYA – Sejuta pesona wisata yang dianugerahkan Tuhan kepada Provinsi Sulawesi Tengah harus di akui terbanyak di kabupaten Poso. Hal itu  bisa kita lihat hampir di semua daerah kecamatan, pasti di dalamnya  menyimpan berbagai asset sangat berharga berupa  peninggalan  purbakala tak terhitung nilainya. Sebut saja patung prasejarah jenis megalithikum di dataran Lore bersaudara. Kemudian gua  watu Mora’a di kecamatan Pamona Selatan. Dari segi alamnya  dapat kita lihat pada air terjun Saluopa di kecamatan Pamona Puselemba. Semua itu  seakan melengkapi atribut nuansa keindahan  yang dimiliki bentangan danau Poso yang dengan gemulainya membelah kota Tentena. Ini hanya sebagian kecil dari pemeberian Tuhan untuk masyarakat Kabupaten Poso.
Kalau bergeser pada budaya di wilayah berslogan “Sintuwu Maroso” ini, siapapun akan tercengang ketika melihat berbagai etnis budaya dimiliki daerah ini. Di Poso, jangan heran jika dibanyak desa  anda akan menemukan karakter berbeda dalam hal prosesi adat perkawinan. Perbedaan tradisi ini seakan melengkapi berbagai tarian, bahkan ada beberapa diantaranya masih merupakan tarian kepahlawanan atau tarian berhubungan langsung dengan kepercayaan masyarakat ketika itu yang masih berkiblat pada pemikiran Animisme. Salah satu tarian yang sudah sangat jarang kita  temui adalah jenis Dengki. Pantun berbalasan pria dan wanita ini, menggunakan  bahasa maha tinggi, dan penuh dengan nuansa mistis animisme. Di daerah Lore  kini masih ada beberapa orang tua  yang mampu mempertontonkanya kepada khalayak ramai.
Dengan segala kekayaan itu, maka tidak heran Jika Bupati sangat bersemangat menjadikan kabupaten Poso sebagai basis utama wisata dan budaya di Sulawesi Tengah. “Dengan kekayaan alam dan budaya kabupaten Poso seperti ini, maka pemerintah bertekat  agar wilayah ini menjadi ikon wisata di Sulawesi Tengah.
Saya  sangat yakin apabila program kami mendapat dukungan dari semua pihak, kabupaten Poso pasti dapat membawa nama dan citra  Sulawesi Tengah sebagai pusat keparawisataan yang dapat diandalkan untuk masa mendatang,”kata Bupati Darmin Sigilipu.(NAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY