Verifikasi Berkas Calon Kades Diperketat

0
118
Yus Madoli

POSO RAYA – Data akhir para calon kepala desa di 31 desa yang akan menggelar pilkades telah sampai pada tahap verifikasi akhir. Hal itu disampaikan asisten I Yus Madoli kepada media ini, Rabu (26/10) kemarin. Hari pemilihan akan dilangsungkan 30 November mendatang.

“Beberapa proses kami telah lewati. Diantaranya proses pendaftaran termasuk kelengkapan  administrasi peserta,” terang pejabat daerah bergelar Doktor ini.Yus menambahkan, bahwa mekanisme  berlangsung sekarang belum bersifat final karena masih ada tahapan akhir yang hendak dilaksanakan  pada tanggal 26–27 Oktober bulan ini.
Semua persyaratakan kandidat akan di kroscek kembali pada akhir Oktober ini, Semua persyaratan  harus sudah rampung pada saat yang sudah ditetapkan. Jika masih ada balon kades yang belum melengkapi berkasnya silahkan  mengurusnya dari  sekarang,”tutur Yus Madoli, seraya mengingatkan.
terkait pengumuman calon tetap akan dilaksanakan sehari setelah proses verifikasi akhir.
“Setelah semua berkas dinyatakan lengkap maka, tanggal 28 oktober kami sudah  mengeluarkan penetapan calon tetap untuk semua desa,” Ujar Yus lagi.
Ditegaskan oleh Yus, pemerintah sangat hati-hati memberikan rekomendasi kepada mereka yang berminat menjadi kepala desa. Berdasarkan jumlah pendaftar, ajang politik yang paling menarik ini dibanjiri calon, tidak seperti pemilihan sebelumnya. Pendaftar kali ini jauh lebih banyak. Salah satu sebab kenaikan jumlah calon ini dikarenakan adanya dana desa yang mencapai miliaran yang dikelola langsung oleh desa.
Karena itu, lanjut Yus Madoli, pemda memberikan banyak pertimbangan sebelum memberikan rekomendasi kepada para calon. Kemampuan manajemen para calon menjadi pertimbangan khusus sebelum mereka ditetapkan sebagai calon peserta pilkades tahun ini.(NAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY