Unsimar Poso Lahirkan 635 Sarjana

0
173
635 orang mahasiswa Unsimar di wisuda dalam rangka Dies Natalis ke XXIII di GOR Puselemba, Selasa (11/10) kemarin. (foto :dok)

POSO RAYA – Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso Selasa (11/10) kemarin,  mewisuda sebanyak 635 orang mahasiswa pada wisuda sarjana ke XXIII dan Dies Natalis XX Unsimar Poso tahun 2016. Jumlah 635 orang lulusan yang diwisuda terinci dari Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi 27 orang dan Prodi Peternakan 15 0rang, Fakultas KIP Prodi Pendidikan Biologi 148 orang dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 56 orang. Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 182 orang, Fakultas Tekhnik prodi tekhnik sipil 66 orang, Fakultas ISIP Prodi Ilmu Administrasi Negara 79 orang, dan Fakultas Hukum Prodi ilmu Hukum 62 orang. Masing-masing fakultas menelorkan satu orang sebagai wisudawan paling berprestasi.
Pada wisuda kali ini, sebagai lulusan terbaik diperoleh  Imran Sanusi mahasiswa Unsimar dari Fisip program studi Ilmu Adminitrasi Negera dengan IPK mncapai 4,00 atau lulus dengan predikat Cumlaude.
Rektor Unsimar Poso, Kisman Lantang MSi mengatakan, hingga wisuda ke- XXIII sekarang, Unsimar Poso telah mewisuda mahasiswa sebanyak 5.009 orang mahasiswa. Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, Unsimar melakukan wisuda mahasiswa sebanyak 2 kali dalam setahun. Penambahan frekuesi wisuda dimaksudkan sebagai upaya universitas memacu diri untuk menyelesaikan study tepat waktu yang pada akhirnya bisa memperlonggar daya tampung bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di Unsimar.
Kepada mahasiswa yang telah diwisuda, Rektor Kisman juga berpesan untuk tidak cepat berbangga diri. “Ilmu yang kita peroleh dibangku kuliah harus diaplikasikan di tengah masyarakat. Wisuda Ini sebenarnya merupakan tahap awal bagi mahasiswa untuk menunjukkan kiprahnya di tengah masyarakat terkait ilmu yang diperolehnya di lingkungan kampus selama ini,” jelas Kisman.
Menurut Kisman, jumlah mahasiswa Unsimar sekarang tercatat sebanyak 3.072 orang dengan jumlah dosen mencapai 106 orang. Dari jumlah dosen tersebut, 99 dosen diantaranya berkualifikasi magister dan 7 orang doctor. “Sedangkan yang masih melanjutkan study ke jenjang program doctor ada 16 dosen,” papar Kisman Lantang.  Selain itu, dosen Unsimar yang telah memiliki jabatan fungsional akademik terdiri atas lektor kepala 4 orang, lektor 37 orang, serta asisten ahli sebanyak 43 orang.
Dalam wisuda kali juga juga tampil membawakan orasi ilmiah DR. Meria Tirsa Gundo, S.Si, M.Si.
Sementara Bupati Poso Darmin Sigilipu dalam wisuda tersebut berharap agar kedepan Unsimar bisa lebih besar dalam perannya membangun dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Bukan hanya ditingkat local tapi regional dan nasional. Demi kepentingan membangun daerah dan mencerdaskan masyarakat, pemerintah Poso  siap untuk terus membantu dan mengembangkan Unsimar menjadi perguruan tinggi yang makin berkualitas sejajar dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.
“Saya harap ilmu yang diperoleh selama menempuh study di universitas ini bisa diaplikasikan bagi kemajuan diri dan daerah Poso pada khususnya,” pinta Bupati Poso Darmin Sigilipu. ULY

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY