RCM: Putri Pariwisata Diharap Tingkatkan Promosi Poso

0
133
Foto: Pesona peserta puteri pariwisata Indonesia 2016. Puteri pariwisata Poso berhasil meraih predikan puteri pariwisata Indonesia terfavorit

POSO RAYA — Putri Pariwisata Sulawesi Tengah asal Kabupaten Poso Rinda Arifdayanti mengukir sejarah di ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 di Jakarta, Jumat Malam (30/09/2016). Meski belum berhasil dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2016, namun Rinda menjadi Putri Pariwisata Indonesia pilihan publik. Hal ini disebabkan Rinda meraih dukungan pesan singkat terbanyak.
Untuk itu, wanita cantik kelahiran Poso tanggal 9 Juni 1995 ini diganjar oleh dewan juri sebagai Putri Pariwisata Indonesia Favorit 2016 tadi malam. “Alhamdullilah, berkat dukungan seluruh publik di Sulawesi Tengah, kampung halaman saya Poso dan seluruh masyarakat Indonesia, saya menjadi putri pariwisata pilihan publik,” ujar Rinda tadi malam dalam keterangannya.
Selain itu Rinda juga menyandang gelar sebagai Putri Pariwisata MICE 2016. Dengan demikian, Rinda satu-satunya menjadi kontestan putri pariwisata yang meraih dua gelar sekaligus. Ajang pemilihan Puteri Pariwisata kembali digelar oleh Yayasan El John Pageants dan Departeman Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pemenang Puteri Pariwisata 2016 yang disiarkan secara Live oleh Stasiun Televisi rtv pada Jumat 30 September 2016. Ajang Puteri Pariwisata merupakan pemilihan Puteri Puteri Indonesia dari 34 Propinsi menghasilkan 37 Fialis Puteri Pariwisata 2016. Pemenang Putri Pariwisata Indonesia 2016 jatuh kepada Lois Merry Tangel dari Sulawesi Utara. Dara kelahiran Manado tahun 1997 ini berhasil menyisihkan 36 peserta lainnya dari 34 provinsi.
Promosikan Poso
Usai mengikuti ajang bergengsi ini, Rinda mengatakan siap mempromosikan potensi dan destinasi pariwisata di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Poso. “Rinda ingin publik itu tahu Poso bukan hanya aksi terorismenya, tapi ada destinasi wisata yang indah sekali dan tidak dimiliki oleh daerah lain,” ujar Rinda.
Rinda mengatakan, Poso sekarang sangat aman dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. “Bahkan saat ini wisatawan asing mulai berdatangan ke Poso. Ada Danau Poso, Air Terjun Berjenjang 12, Wisata Bahari, Taman Anggrek Alam dan sebagainya,” ujar mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sintuwu Maroso ini. (***)
Bupati Ingin Rinda Promosikan Poso
JAKARTA—Bupati Poso Darmin.A Sigilipu mengucapkan selamat atas terpilihnya Putri Pariwisata Sulawesi Tengah asal Kabupaten Poso Rinda Arifdayanti Putri Pariwisata Indonesia pilihan publik atau terfavorit 2016. “Pemerintah Daerah Poso mengucapkan selamat untuk Rinda, putri daerah Poso yang telah mengharumkan daerahnya di tingkat nasional,” ujar Darmin, Jumat Malam (30/09/2016).
Darmin didampingi oleh sejumlah Kepala Dinas dan Tokoh Masyarakat Poso di Jakarta Hendrik Lyanto dan Rizal Calvary Marimbo menyaksikan langsung ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 tersebut. Rinda mengukir sejarah di ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 di Jakarta, Jumat Malam (30/09/2016), sebagai warga Sulawesi Tengah pertama yang meraih gelar itu. Meski belum berhasil dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2016, namun Rinda menjadi Putri Pariwisata Indonesia pilihan publik. Hal ini disebabkan Rinda meraih dukungan pesan singkat terbanyak. Selain itu Rinda juga menyandang gelar sebagai Putri Pariwisata MICE 2016.
Kebangkitan Wisata Poso
Darmin berharap Rinda dapat menjadi duta pariwisata Sulteng dan Poso di Jakarta. “Kita harap Rinda terus mempromosikan Poso dan Sulteng, daerah yang sudah melahirkannya dan membesarkannya,” ujar dia. Bupati berharap kemenangan Rinda ini dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata Poso yang selama ini sudah terbengkalai,” ujar Darmin.
Darmin mengatakan, Pemda terus berupaya memperbaiki infrastruktur pariwisata Poso meski ditengah-tengah keterbatasan dana akibat pemangkasan dan penghematan pemerintah pusat secara besar-besaran. “Pembangunan infrastruktur wisata butuh dana yang besar, tapi ada penghematan di pusat. Kita tetap optimis. Tidak boleh pesimistis. Wisata Poso harus kita kembangkan walaupun banyak keterbatasan anggaran,” pungkas Darmin.
Sejalan dengan Bupati, Tokoh Masyarkat Poso Hendrik Lyanto menyatakan bangga dengan hasil yang dicapai oleh Rinda. Hendrik yang sejak awal aktif mendorong dan mengurusi keperluan Rinda di Jakarta meminta agar Rinda fokus mempromosikan Poso ke depan.”Sambil studi, Rinda jangan lupa tugasnya mempromosikan Poso bersama Pemda,” ujar Hendrik. (Rif)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY