Desa Maranda Bisa Hasilkan Listrik 50 MW

0
88
Rosano Padaga

POSO RAYA – Selain dihasilkan dari derasnya air yang bersumber dari danau Poso, listrik di kabupaten Poso bisa dihasilkan pula dari energi panas bumi yang terdapat di desa Maranda, kecamatan Poso Pesisir Utara. Kepala Dinas ESDM, Rosano Padaga mengatakan, potensinya bisa menghasilkan listrik sebesar 50 Mega Watt.
Rosano mengatakan, berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Sumberdaya Geologi (PSBG) Bandung, sedikitnya terdapat 11 titik sumber energi panas bumi di kabupaten Poso. Selain di Poso Pesisir bersaudara, beberapa titik lainnya ada di wilayah Lore bersaudara.
Namun dari belasan titik itu, yang saat ini bisa diolah menjadi sumber energi listrik barulah yang ditemukan di desa Maranda.
Meski kewenangan dinas ESDM sudah diambil oleh pemerintah provinsi, namun sebagian masih diserahkan kepada kabupaten, termasuk untuk ijin pengelolaan energi panas bumi, sebab urusan energi panas bumi tidak termasuk dalam kategori galian C yang diatur dalam pasal 14-17 UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta UU no 4 tahun 2009 tentang minerba.
Rosano berharap potensi energi ini bisa terus dipromosikan oleh pemerintah daerah agar ada investor yang bisa mengelolanya menjadi sumber energi listrik yang pada akhirnya berkontribusi pada pendapatan daerah dan menjadikan Poso sebagai lumbung energi nasional.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY