1000 KK Miskin Bakal Terima Bantuan Perumahan

0
146
Frits Sam Purnama (dok Poso Raya)

POSO RAYA – Sekitar  1000 Kepala  keluarga (KK) di Kabupaten  Poso, berkategori ekonomi tidak mampu (miskin), pada  tahun 2017 nanti, kalau  tidak ada aral  melintang, akan menerima bantuan dana sebesar 15 juta rupiah untuk bantuan perumahan. Dana ini merupakan hasil kesepakatan Pemerintah Daerah  Poso dengan kementerian PUPR. “Saat saya ke Jakarta untuk mengurus bantuan perumahan diperuntukan bagi masyarakat nelayan berjumlah 150 Unit, dimana pengerjaanya tahun ini juga,”terang Frits Sampurnama, kepala dinas Rumsikot kepada Poso Raya.
Selain bantuan 150 unit itu, pemerintah kabupaten Poso, kata Frits mendapatkan kepercayaan sebagai penerima hibah sebanyak 1000 unit. Anggaran ini akan baru akan direalisasikan tahun depan.
Pada penjelasanya Frits Sampurnama mengatakan, rencana mekanisme pembagian jatah uang tunai 15 juta/KK itu sebagai dana talangan perbaikan rumah tidak layak huni kedepan. Uang ini menurutnya tidak diperuntukan bagi mereka yang tidak berkategori miskin.
Penerima bantuan nantinya hanya rakyat tidak mampu dan yang rumahnya rumah tidak layak huni. Indikator tidak layak huni itu misalnya, lantainya  masih tanah dan atapnya masih berbahan rumbia. Kelompok  perumahan tipe  demikian merupakan prioritas utama penerima bantuan ini
Sebagai langkah persiapan  Dinas  Rumsikot sudah menyusun  pendataan di 19 Kecamatan yang yang ada di kabupaten Poso.
“Guna  pemerataan maka 19 kecamatan yang berada di daerah kita semua akan  mendapat jatah sesuai kebutuhanya  masing-masing,”kata Frits lagi. Lanjutnya, Bupati Darmin A.Sigilipu sangat ingin agar dalam beberapa  tahun kedepan rakyat kabupaten Poso  bisa mencapai kesetaraan ekonomi dan sosial yang sama, hal ini menjadi penting sebagai pencegah timbulnya kecemburuan social di masyarakat. Nan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY