Menuju Swasembada Beras

0
101
Dandim 1307 Poso Letkol Ryan Hanandi dan Kadis Pertanian Murniati Putosi didampingi beberapa pejabat lain melakukan penanaman perdana dilahan seluas 363 hektar di desa Meko, Senin (19/9).(foto :Mitha meinasi)

POSO RAYA – Upaya untuk mencapai target pemerintah berswasembada pangan tahun 2017 terus diupayakan agar berhasil. Salah satunya mempercepat proyek pembukaan lahan sawah baru di daerah. Salah satunya adalah kabupaten Poso yang mendapat jatah 32 ribu hektar. Dari target itu, saat ini baru tercapai 28 ribu hektar. Dari jumlah itu, 2000 hektar dibangun di kecamatan Pamona Barat, namun baru bisa ditanami seluas 241 hektar.
Percepatan pencapaian target swasembada beras di Indonesia, pemerintah bekerjasama dengan TNI yang membentuk satgas beras. Dalam penanaman perdana dilahan sawah baru di desa Salukaiya, Dandim 1307 Letkol Rian Hanandi mengatakan, pemerintah sudah memberikan segala bantuan kepada para petani, mulai dari alat pertanian, pupuk hingga bibit serta melakukan pendampingan bagi petani.
“Ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat,”kata Letkol Rian Hanandi. Sementara kepala dinas Pertanian, Murniati Putosi mengatakan, kecamatan Pamona Barat masih memiliki potensi lahan untuk sawah sebesar 1.600 hektar.
Untuk menandai dimulainya produksi beras di kecamatan Pamona Barat, dilaksanakan penanaman perdana oleh Dandim 1307 Poso, Kadis Pertanian serta Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Mohamad Taufani di desa Meko, Pamona Barat. Nantinya agenda penanaman ini diikuti oleh desa-desa lain yang sudah siap. Tercatat beberapa lokasi yang siap tanam diantaranya di desa Meko seluas 363 hektar yang dikerjakan oleh kelompok tani Balongki untuk periode tanam April hingga September.(MM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY