Produksi Jagung Belum Mampu Capai Target Swasembada

0
141
Ridwan SP, M.Agr

POSO RAYA – Potensi swasembada jagung saat ini diperkirakan belum akan terpenuhi di kabupaten Poso, menurut akademisi Unsimar, Ridwan saat ini hal itu masih sulit terpenuhi. Salah satu sebabnya adalah masa panen jagung tidak merata dan produktifitas masih rendah.

Potensi wilayah kabupaten Poso sebagai penghasil jagung sebenarnya sangat besar mengingat masih luasnya lahan yang tersedia. Apalagi saat ini ada pula program pemerintah pusat bernama Pajala (Padi, Jagung, Kedelai) di 3 desa. Namun pantauan di beberapa lokasi, belum semua petani melirik komoditi ini. Padahal kebutuhan pakan ternak di dalam kabupaten Poso saja sudah sangat tinggi.

Dalam catatan BPS kabupaten Poso tahun 2014, produksi jagung baru mencapai 8.705 ton. Sementara luas panen pada tahun itu baru mencapai 2.503 hektar.

“Jika kita lihat untuk target produksi jagung ini belum maksimal, dan juga peternak masih mebutukan tambahan pakan sedangkan kita liat penanaman jagung masih kurang”  Ungkap Ridwan

Jika dilihat diwilayah Poso Pesisir penanman jagung yang dilakukan oleh para Petani hanyalah lahan yang kebetulan tidak di fungsikan seperti lahan bandara, dan di Poso Pesisir Utara  diantara tanaman kelapa serta lokasi Pekerjaan Umum (PU) yang difungsikan untuk menanam jagung pada bagian tanah kosong.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY