Dari Pengajuan 1,9 Miliar Tersisa 750 Juta

0
162
Yunirson Penyami

POSO RAYA – Pemilihan kepala desa di 31 desa akan digelar akhir November 2016 nanti. Segala persiapan terus dilakukan Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) untuk kesuksesan hajatan 6 tahun sekali itu. Ditengah persiapan itu, muncul kabar bahwa anggaran pelaksanaannya akan dikurangi hingga lebih dari setengah dari yang diajukan. Namun Yunirson Penyami, kepala bagian Pemdes menjamin tahapan akan tetap berjalan sesuai mekanisme yang diatur dalam UU no 6 tahun 2014 tentang desa.
Menurut Yunirson untuk menjalankan tahapan Pilkades di 31 desa awalnya dia mengajukan anggaran senilai 1,9 miliar. Namun dalam pembahasan internal kemudian jumlah itu dikurangi sebesar 400 juta hingga tersisa 1,5 miliar. Namun pembahasan selanjutnya di pemda kemudian memutuskan jumlah ini dikurangi lagi hingga tersisa hanya 750 juta rupiah. Pengurangan anggaran ini tentu saja disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.
“Namun ini baru anggaran yang kita bicarakan di internal pemda, belum diajukan untuk dibahas di DPRD,”jelas Yunirson. Anggaran pilkades ini nantinya akan dimasukkan dalam KUA PPAS APBD Perubahan 2016 yang akan dibahas di DPRD.
Selain 31 desa yang akan menggelar pemilihan kades definitif, akan ada pula 8 pilkades namun hanya untuk desa yang masa jabatan kadesnya sudah habis, yakni pemilihan pengganti antar waktu. Untuk 8 desa ini, anggarannya tidak berasal dari kabupaten tapi menggunakan dana desa itu sendiri.
Salah satu tahapan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah bimbingan teknis bagi panitia penyelenggara dari 31 desa yang akan menyelenggarakannya ditambah mereka yang akan melaksanakan PAW. Normalnya tahapan pilkades berjalan selama 6 bulan, namun saat ini hanya tersisa kurang dari 4 bulan saja. Pemdes kata Yunirson kini tengah berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan semua tahapan agar perhelatan politik gelombang pertama ini berjalan sukses.(IAN)
.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY