Kadis Pendidikan Tegaskan FBD Tetap Dilaksanakan

0
154
wangintowe Tundungi

POSO RAYA – Dalam APBD 2016 tertera ada anggaran pelaksanaan Festival Budaya Daerah (FBD) yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Biasanya kegiatan itu dilaksanakan sebelum Festival Danau Poso (FDP) pada bulan September. Namun kini belum ada tanda kalau event budaya itu akan dilaksanakan. Sejumlah warga mulai bertanya-tanya.
“Saya tegaskan, FBD akan kami laksanakan. Ini kan tahun masih berjalan, masih ada beberapa bulan kedepan,”kata Wangintowe Tudungi, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Poso. Pernyataan ini menjawab keraguan sejumlah pihak bahwa ada sesuatu yang membuat kegiatan yang pesertanya dari seluruh kecamatan ini urung dilaksanakan.
Keraguan banyak pihak akan terselenggaranya event budaya ini kemungkinan terkait isu bahwa pemda Poso mengalami kesulitan keuangan. Beberapa rekanan proyek pemda bahkan mengaku hingga kini belum dibayarkan meskipun pekerjaan mereka sudah selesai sekitar 4 bulan lalu.
Wangi mengutarakan, tidak tertutup kemungkinan pula bahwa ajang FBD yang merupakan agenda kabupaten Poso bakal disatukan dengan FDP. Kita ketahui, Festival Danau Poso merupakan agenda provinsi yang sumber pendanaannya juga dari APBD provinsi pula.
Beberapa legislator DPRD Poso menyebutkan, kondisi keuangan memang mempengaruhi kondisi saat ini. Bahkan salah seorang ketua komisi menyebutkan, untuk anggaran di perubahan APBD saja, sebenarnya hanya membahas anggaran yang sangat sedikit.
“Sudah tidak ada uang, ini baru pertama kali terjadi,”kata salah seorang anggota DPRD yang ditemui Kamis (15/9) kemarin.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY