4 Bupati Ditantang Tolak Luwuk Sebagai Ibukota

0
345
Almarhum Santo bersama para pengikutnya semasa hidup. Setelah menyerahnya Basri, diduga pimpinan kelompok ini diambil alih Ali Kalora yang hingga kini masih bersembunyi didalam hutan.(foto :istimewa)

POSO RAYA—Tokoh muda Poso Rizal Calvary Marimbo meminta empat Bupati daerahnya lahir dari kabupaten Poso untuk menolak bergabung dengan Luwuk sebagai Ibukota Provinsi Sultim.
“Kita tantang empat bupati yang daerahnya dilahirkan Poso untuk sepakat menolak Luwuk sebagai Ibukota Sultim,” ujar Marimbo. Sebagaimana diketahui empat bupati, yakni Bupati Poso, Touna, Morut, dan Morowali semuanya merupakan lulusan sekolah di Poso.
Kebetulan, menurut Rizal, mereka akan bertemu meskipun dalam agenda informal yang jauh dari agenda politik. Namun menurut Rizal lagi, tidak ada salahnya setelah acara itu, mereka bisa duduk bersama membahas posisi Poso dalam polemik Sultim.
Keempat bupati lanjut Rizal juga sebaiknya membuat kesepakatan bahwa bekas wilayah Kabupaten Poso tidak bergabung ke Poso.
“Ketiga kabupaten ini, Morowali, Morowali Utara dan Tojo Una-Una kan anak-anak dan cucunya Kabupaten Poso. Jadi ketiganya sebaiknya mengikatkan diri sehidup semati dalam satu keluarga besar bekas kabupaten Poso,” ujar Marimbo.
Kalau 4 bupati ini kompak, saya kira Luwuk akan gagal dalam menggagalkan Poso sebagai ibukota provinsi,”pungkas RCM.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY