Turunkan Harga Beras dan Gula

0
91
Operasi pasar Bulog untuk menstabilkan harga gula masih tetap dilaksanakan.(foto ;sofyan)

POSO RAYA – Keluhan warga atas melambungnya harga kebutuhan pokok seperti beras dan gula di pasar bakal segera teratasi. Dalam waktu dekat Bulog akan mendirikan rumah pangan yang menjual beras dan gula dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah dan Bulog. Ditargetkan rumah pangan ini akan ada disetiap desa di seluruh wilayah kabupaten Poso.
Kepala Bulog Sub Divre Poso, Jusri Pakke menjelaskan, rumah pangan adalah tempat usaha yang di kelola warga atau perusahaan swasta atau koperasi yang bekerjasama dengan Bulog. Ditempat ini, harga gula dijual 13 ribu per kilogram sementara beras 9 ribu per kilogram.
“Rumah Pangan ini seperti kios masyarakat yang bekerjasma dengan Bulog. Nantinya harga gula dan beras yang dijual di kios itu sama diseluruh kabupaten,”katanya. Lantas apakah semua warga boleh menjadi mitra Bulog dengan membuka rumah pangan. Jusri Pakke menjelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bila ingin menjadikan kios sebagai Rumah Pangan, syaratnya sangat sederhana, Warga pemilik kios menyiapkan KTP atau tanda pengenal lainnya, memiliki surat rekomendasi dan pemerintah desa atau kelurahan dan yang tidak kalah penting, kios itu harus berada ditengah pemukiman padat. Jika kedua persyaratan itu sudah dimasukkan ke Bulog, nantinya akan ada tim yang melakukan survey kelayakan lokasi dimana kios itu berdiri dan apakah memang layak atau tidak.
Bulog sub divre Poso sendiri menargetkan 1000 rumah pangan berdiri diseluruh wilayah di kabupaten Poso, namun untuk langkah awal, Jusri mengatakan, pihaknya baru mengupayakan terbentuk 50 persen dahulu.
“Ini sebenarnya merupakan langkah pemerintah untuk menstabilkan harga pangan, dengan harga gula dan beras yang sudah ditetapkan maka mau tidak mau kios lain juga menyesuaikan harga dengan yang dijual di Rumah Pangan,”kata Jusri Pakke lagi, dia menegaskan harga beras dan gula di kios Rumah Pangan tidak boleh dijual diatas harga yang sudah ditetapkan. Sebab harga itu sudah melalui perhitungan yang menguntungkan pemilik kios.
Selain untuk kios warga, menjadi mitra Bulog dengan mendirikan Rumah Pangan juga bisa diminta oleh swasta atau koperasi dengan memenuhi beberapa persyaratan, beberapa diantara syarat yang harus dipenuhi adalah ijin usaha, SIUP, NPWP dan kegiatan perusahaan atau koperasi itu masih aktif.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY