4 Eskavator Dikerahkan

0
96
Sosialisasi penutupan tambang emas liar di Dongi-Dongi terlihat tenda-tenda yang menutupi lubang galian di bukit yang sudah rusak akibat praktik liar itu.(foto ;dok satbimas polres poso)

POSO RAYA – Untuk memulihkan areal bekas penambangan emas di Dongi-Dongi yang sudah rusak parah membutuhkan waktu paling cepat 3 bulan. salah satu pekerjaan berat yang harus dilakukan adalah menutup lubang bekas penggalian.
Kepala dinas Pekerjaan Umum provinsi, Syaifullah Djafar mengatakan, saat ini ada ribuan bekas lubang tambang yang harus ditutup. Di areal dengan kemiringan dan berbukit itu dinas PU akan mengerahkan sejumlah alat berat yakni 4 unit Eskavator yang terdiri atas 2 unit eksavator milik PU provinsi dan 1 dari pemkab Sigi serta 1 dari Poso.
Setelah penutupan lubang rampung, lanjut Saifullah, maka pekerjaan selanjutnya diserahkan kepada dinas Kehutanan dengan melakukan penanaman pohon untuk mengembalikan struktur tanah yang sudah rusak akibat aksi penambangan liar. Untuk membiayai rehabilitasi kawasan itu, Saifullah mengatakan sumbernya berasal dari 3 pemerintahan yakni provinsi, kabupaten Sigi dan kabupaten Poso. Selain itu Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) yang mengelola kawasan ini juga telah menyiapkan anggaran untuk merehabilitasinya.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY