Belajar Sering Telat, Penjaga Sekolah Jadi Guru Olahraga

0
177
Barak yang dibangun sebagai tempat tinggal para guru yang telah disediaan agar tidak telat mengajar hingga kini tidak dihuni, para guru yang mengajar disekolah ini lebih memilih pulang ke rumah. (Foto.Syarif)

POSO RAYA –Sekolah Dasar Negeri Ratalemba kecamatan Poso Pesisir dapat dibilang kurang efektif dalam proses pembelajaran, selain kekurangan ruang belajar, proses belajar mengajar di sekolah ini dinilai oleh masyarakat setempat jarang tepat waktu.

Pembelajaran disekolah ini menurut beberapa orang warga, biasanya baru dimulai pada pagi jam 9 ke atas, pasalnya para guru yang mengajar baru tiba disekolah sekitar jam itu setelah menempuh perjalanan dari rumah mereka diluar dusun di kaki gunung Biru ini.
Rata-rata guru yang mengajar di SD Ratalemba berdomisili di pusat kecamatan Poso pesisir. Untuk mencapai sekolah mereka harus menempuh perjalanan hingga 1 jam. Sebenarnya, untuk para guru ini warga telah membangun tempat tinggal sementara berupa barak di lingkungan sekolah itu. Namun sampai saat ini tempat itu tidak dihuni oleh siapa pun, ruangan itu terkunci rapat dan tidak difungsikan sebagai tempat tinggal.
Padahal menurut warga Ratalemba, didirikannya barak itu bertujuan agar proses belajar mengajar lebih lancar. Namun apa daya para guru lebih memilih pulang pergi setiap hari meskipun terlambat.

“Biasanya untuk naik ketempat ini dari jalan trans dibawah, para guru saling menunggu untuk naik sama-sama, sudah beberapa waktu yang terlewatkan baru sampai disini secara rombongan, padahal sebelumnya mereka telah meminta untuk disediakan tempat tinggal disini,”kata beberapa warga. Namun bangunan tempat tinggal disediakan, ternyata tidak ditempati.

Selain itu juga kekurangan guru menjadi kendala besar bagi sekolah yang berada dipuncak gunung di poso Pesisir Ini, seperti guru pada bidang olahraga, untuk mengisi kegiatan olahraganya seorang penjaga sekolah lah yang mengisi kekosongan ini.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY