Sosialisasikan Amnesti Pajak

0
148
Bupati Poso Darmin A Sigilipu dan Kepala KPP Pratama Poso Friday Glorianto foto bersama dengan kepala SKPD dalam Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Selasa (30/8). FOTO : Dok KPP Pratama Poso

POSO RAYA – Dalam rangka mensukseskan program amnesti pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Poso melaksanakan sosialisasi Program Amnesti Pajak dengan mengundang FKPD, Kepala BUMN dan BUMD, serta seluruh kepala SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung serbaguna Banua Torulemba kompleks rumah jabatan Bupati Poso pada 30 Agustus 2016. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Darmin A Sigilipu.
Dalam kegiatan itu, Kepala KPP Pratama Poso, Friday Glorianto selaku pembawa materi menjelaskan, bahwa amnesti pajak merupakan terobosan pemerintah untuk menumbuhkan perekonomian di dalam negeri.
“Amnesti pajak merupakan penghapusan pajak terutang, tidak dikenai sanksi administrasi dan sanksi  pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta yang belum dilaporkan di SPT Tahunan serta membayar uang tebusan” katanya.
Friday Glorianto juga menjelaskan mengenai Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, waktu pemohonan amnesti pajak, siapa – siapa saja yang dapat memanfaatkan amnesti pajak, serta cara menghitung uang tebusan yang harus dibayarkan.
“Amnesti pajak juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan mengungkapkan harta yang belum pernah dilaporkan. Apabila setelah melewati periode amnesti pajak, harta yang belum diungkap akan dianggap sebagai tambahan penghasilan, dikenai PPh dan dikenakan sanksi”
Lanjut ia menambahkan, sosialisasi tersebut akan terus digiatkan kepada seluruh masyarakat Poso mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang amnesti pajak.
“Kita akan giatkan sosialisasi tentang amnesti pajak. Hal ini dilakukan agar tidak ada warga yang menganggap sosialisasi ini hanya untuk kalangan atas saja, tetapi berlaku bagi seluruh wajib pajak” ucapnya.
Pada tahun 2015 pencapaian penerimaan KPP Pratama Poso mencapai 112 persen. “Pertumbuhannya meningkat, mencapai 36 persen sampai bulan Agustus tahun ini, Pencapaian pajak Kabupaten Poso sangat bagus pada tahun ini. Pencapaian Pajak pada tahun ini diharapkan lebih meningkat lagi dari tahun kemarin,” harapannya.(And)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY