Reuni Akbar Jilid 4

0
245
Jalan santai saat reuni akbar ke 3 tahun 2015 lalu diikuti ribuan orang peserta. (foto ;mitha meinansi)

poso raya- Sudah 3 kali para alumni sekolah lanjutan atas dari semua angkatan di kabupaten Poso bertemu kangen melepas rindu dalam acara reuni akbar. Sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2013, ribuan alumni Poso yang ada diluar daerah pulang kampung meski cuma 2 hari. Dampak ekonominya membuat sejumlah pedagang kecil senang meski kekuasaan pada waktu itu, meski tidak resmi, melarang para pejabat menghadirinya.
Tanggal 9 September nanti, reuni para lulusan di Poso kembali digelar. Kali ini pemerintah daerah dibawah pimpinan Bupati Darmin A Sigilipu mendukungnya. Tanggal 9 dipilih bertepatan dengan perayaan Padungku di kecamatan Poso Kota bersaudara.
“Jangan dibilang ini reuni orang-orang Poso yang sukses diluar. Ini reuni untuk semua orang Poso, mengajak semuanya dari semua angkatan untuk datang,”kata penggagas acara Hendrik Gary Lianto. Untuk menyemarakkan acara 3 artis tenar, Yuni Shara, Baby Zee dan Mitha Talahatu si pemilik lagu Cinta Sakota akan hadir menghibur masyarakat.
Reuni akbar ini bukan hanya sekedar kumpul-kumpul alumni Poso. Ada misi menggerakkan ekonomi kecil didalamnya. Dengan kehadiran ribuan orang dari luar Poso, para pedagang makanan akan mendapat keuntungan, begitu juga dengan usaha perhotelan hingga rental mobil akan mendapatkan manfaatnya.
“Semua kegiatan ini untuk menghidupkan kembali Poso yang sudah mulai bergeliat ini agar semakin semarak, ramai dan jauh dari kesan seram,”kata panitia, Rafiq Syamsudin.
Pada tahun pertama reuni akbar, para lulusan Poso yang bekerja diluar pulang kembali untuk melihat kembali tanah tempat mereka besar ini. Bahkan ada lulusan angkatan 80an yang sudah bekerja di Angola, Afrika Tengah, menyempatkan diri pulang. Adapula yang dari Sulut, Jakarta hingga Sumatera harus berebutan tiket pesawat ke Poso saking inginnya pulang. Semua itu menurut Rafiq karena mereka kerinduan akan Poso dan berharap tanah harapan ini dibangun dengan cinta.(And)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY