Maksimalkan Keindahan Alam

0
184
putera botilangi

POSO RAYA – Orang Poso  boleh berbangga karena daerahnya dikaruniai kekayaan alam yang berlimpah dan bentang alam yang indah, hampir pada semua wilayah.
Sebut saja air terjun Sulewana yang mengalir melewati sungai Poso. Bentangan  sungai tersebut pada hulunya sangat eksotik dan dapat menjadi pilihan untuk berekreasi bagi warga lokal maupun manca negara. Adapun sungai Poso,apabila   terkelola dengan baik dapat juga menjadi lokasi arum jeram.
Selain potensi wisata di sungai ini juga telah menjadi sumber tenaga listrik yang sekarang di kelola oleh PT.Poso Energy  anak perusahaan grup Bukaka yang merupakan milik keluarga Wapres Jusuf Kalla.
Selain sungai, satu lagi wilayah yang belum pernah terjamah selama ini, yaitu  Bukit Cinta  di kelurahan Bukit Bambu, Poso Kota Selatan. Di tempat ini arealnya yang berada pada ketinggian ini, udaranya sangat sejuk, dan berbeda dengan udara kota Poso yang lebih panas.  Dari tempat ini pula kita dapat melihat kota Poso secara luas, berhiaskan panorama laut dan bentang sungai  yang membelah kota  Sintuwu Maroso.
“Dari ketinggian ini kami sangat ingin membangun wahana flaying fox. Kalau ini terealisasi maka saya sangat yakin masyarakat Poso akan mendapatkan tempat  hiburan baru. Selain itu  kita juga dapat meningkatkan Pendapatan  Asli Daerah  (PAD) dari lokasi Buyumboyo,”kata kepala Dinas Pariwisa dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Putera Botilangi Kepada Poso Raya, Selasa (30/8) kemarin.
Panorama indah ini baru sebagian kecil dari ratusan panorama alam di miliki daerah ini. Kalau kita  bergeser ke Pamona bersaudara dan Lore Bersaudara, mata pengunjung akan dipertemukan lagi dengan keindahan danau Poso. Ratusan species anggrek di Bancea, kecamatan Pamona Barat dan  berbagai patung prasejarah  (Megalithkum) di Lore bersaudara.
“Kekayaan alam kita sangat banyak.Kami sulit bergerak dalam pengelolaanya  karena keterbatasan dana dimiliki daerah kita.Sekarang kita bersyukur  karena Bupati yang berjiwa seni, sudah melihat semua potensi yang ada. Itulah  sehingga beliau tanpa ragu ingin menjadikan Poso sebagai ikon wisata di Sulawesi Tengah. Kami sebagai bawahan tentu harus bersiap diri untuk mendukung program itu”kata Putera.(NAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY