Jani Mamuaya, Nilai Sidang Dipaksakan

0
138
Jani Mamuaja

POSO RAYA, Musyawarah Cabang (MUSCAB) III Partai Demokrat Kabupaten Poso, yang berlangsung di Swees Bell Hotel-Palu, Senin malam 29 Agustus 2016, berakhir tanpa pertarungan. Karena 9 PAC pendukung Decky Sigilipu meninggalkan Sidang, karena merasa dicurangi. Menurut mereka, keberadaan 10 suara PAC yang memilih Piet Ingkiriwang, 7 di antaranya batal demi hukum, karena mereka juga sebelumnya telah menyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai akan memilih Decky Sigilipu.
“Kan sudah sangat jelas, ke-7 orang itu memilih dua orang bakal calon, baik secara tertulis maupun secara lisan, yakni Pak Piet Ingkiriwang dan Pak Decky Sigilipu, berarti batal kan?, tapi herannya panitia malah tetap melanjutkan dan mengakomodir ke-7 suara itu untuk Pak Piet Ingkiriwang. Jadi daripada melanggar tata tertib, ya kami sepakat walk out”, kata Ketua PAC Lage, HR.Lagonda, yang dikonfirmasi Poso Raya via telepon senin malam.
Sementara itu, salah seorang pengurus DPD Sulteng, Jani Mamuaya yang dikonfirmasi terkait dengan sikap WO kubu Decky Sigilipu menyayangkan, keberadaan pimpinan sidang yang tetap notot melanjutkan sidang saat 9 PAC mundur. “Yang kami sayangkan, kenapa pimpinan sidang tidak memproses sikap menarik diri oleh ke-9 PAC itu, kan ada tatib yang mengatur semua, dan Tatib itu telah ditetapkan jauh sebelum pelaksanaan Muscab”, kata Jani mengaku, mendapat laporan dari beberapa PAC terkait dengan sikap WO yang diambilnya.
Jani menambahkan, dalam Tata Tertib Muscab Bab X Pasal 26, Poin D, tertulis ‘Apabila terjadi dua (2) atau lebih dukungan dari pemegang Hak Suara DPAC yang SAH kepada Bakal Calon, maka Surat Dukungan tersebut, dianggap  gugur dan pemegang Hak Suara DPAC tersebut akan dikenakan sanksi, dan dinyatakan tidak mempunya hak memilih dalam sidang’. “Ini yang mereka langgar, masa pimpinan sidang tega-teganya melanjutkan persidangan tanpa menggubris suara 9 DPAC tersebut yang menarik diri”, kata Mantan Ketua DPRD Poso itu, saat dikonfirmasi via telepon.
Sementara itu, Decky Sigilipu yang sebelumnya digadang-gadang oleh beberapa PAC untuk maju sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Poso, menggantikan posisi Piet Ingkiriwang, memuji sikap 9 PAC yang tetap konsisten demi menjaga martabat partai.
Dengan sikap WO yang diambil oleh pendukung Decky, Pimpinan Sidang menetapkan kembali Piet Ingkiriwang secara aklamasi sebagai Ketua DPC Poso periode 2016-2021. CR-4

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY