3 Kabupaten Tetangga Diyakini Dukung Poso

0
234
Suardhi Panti

POSO RAYA – Kabupaten-kabupaten yang terlahir dari rahim kabupaten Poso seperti Morowali, Morowali Utara dan Tojo Una-Una diyakini tetap berpihak dan mendukung Poso dalam persoalan Sultim, khususny mendukung ibukota di ‘induk’ mereka ini.
Akademisi Unsimar, Suardhi Panti mengatakan, jika melihat sejarah, maka kabupaten Poso merupakan daerah tertua yang kemudian melahirkan kabupaten-kabupaten baru seperti Morowali, Tojo Una-Una dan Morowali Utara yang kini juga dimasukkan dalam skema wilayah calon provinsi Sultim. Belakangan dalam pembahasannya, kabupaten seakan dipinggirkan oleh DPRD Sulteng yang telah membentuk pansus untuk penetapan dukungan pembentukan provinsi Sulteng.
“Untuk Sulawesi timur kabupaten Morowali dan Morowali Utara dan kabupaten Tojo Una-Una saya yakin mendukung Poso,”kata Suardhi. Keyakinan itu didasarkan pada kedekatan kabupaten-kabupaten tetangga itu secara kultural dan emosional dengan kabupaten Poso yang merupakan induk mereka sebelum mekar menjadi kabupaten sendiri. Para pengambil keputusan di 3 kabupaten itu ditambah para politisinya yang ada di DPRD provinsi menurut Suardhi juga akan mendukung Poso didalam Pansus yang dibentuk DPRD Provinsi.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY