Bupati Harus Profesional Mengelola Pemerintahan

0
171
Hidayat Bungasawa

POSO RAYA – Rencana pemda Poso mengalokasikan 40 persen dari pagu belanja modal untuk pembangunan infrastruktur perkotaan membutuhkan pengawasan ketat dari Bupati dalam menjalankan menjalankan pemerintahan yang profesional.
Penilaian itu disampaikan ketua fraksi Gerindra Hidayat Bungasawa terkait rencana pembangunan 5 tahun yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).
“Selain soal konsistensi menjadikan RPJMD sebagai pedoman selama 5 tahun, Bupati juga bertanggungjawab atas pencapaian targetnya meskipun secara teknis operasional itu dilaksanakan oleh pembantunya,”kata Hidayat.
Meskipun tidak ada sanksi bila pemda tidak mematuhi RPJMD dalam melaksanakan pembangunan 5 tahun kedepan, namun Hidayat mengatakan, pasti ada sanksi moral dan politik yang berujung pada ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemimpin daerah.
Beberapa fokus pemerintah dalam RPJMD 2016-2021 adalah menjadikan Poso sebagai sentra kakao, kopi dan cengkeh dan menurunkan angka kemiskinan serta member layanan administrasi umum yang prima. Agar semua tujuan itu tercapai, Hidayat menegaskan setiap SKPD harus menyusun program dan anggaran yang fokus pada hal itu.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY