Upayakan Sisa Anggota MIT Turun dari Gunung

0
183
Kapolda Brigjen Pol Rudi Sufahriadi bersama anggota Komnas HAM, Siane Indriyani bertemu untuk membahas maklumat Kapolda yang mengajak sisa kelompok Santoso untuk turun gunung.(foto :dok humas polda)

POSO RAYA – Upaya menyelesaikan perlawanan kelompok Majelis Mujahidin Indonesia Timur (MIT) bukan hanya lewat perang. Kapolda Sulteng telah mengeluarkan maklumat 2 kali untuk mengajak mereka turun dari gunung untuk menyerahkan diri. Untuk menindaklanjuti hal ini, Komnas HAM bersama organisasi palang merah internasional yakni Mer C menemui Kapolda Brigjen Pol Rudi Sufahriadi bersama para perwira yang terlibat dalam Operasi Tinombala 2016, Selasa (23/8) lalu.
Kabid Humas Polda AKBP Hari Suprapto mengatakan, kunjungan Komnas HAM merupakan tindaklanjut dari kunjungan Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke kantor Komnas HAM beberapa waktu lalu. Selain itu pertemuan itu, lanjut Hari Suprapto untuk membicarakan tindaklanjut maklumat Kapolda.

“Dalam pertemuan tersebut secara umum dibahas tujuan sulTeng yang damai dan bagaimana agar seluruh DPO turun dari gunung,seperti yang tercantum dalam maklumat Kapolda Sulteng,”kata AKBP Hari Suprapto.
Sementara itu rombongan Komnas HAM dan Mer C, Rabu (24/8) kemarin menemui salah satu tokoh masyarakat di Poso Kota, Adnan Arsal. Dalam pertemuan itu pimpinan pondok pesantren Amanah itu mendukung langkah Komnas HAM dan Mer C untuk upaya-upaya penyelesaian persoalan Poso.
Beberapa waktu lalu Siane Indriyani mengutarakan bahwa pihaknya menggagas jalan baru penyelesaian persoalan Poso yang komperehensif. Salah satunya adalah menggelar dialog dan mengajak para DPO untuk turun dari gunung.(IAN)

(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY