Bagikan Ribuan Sembako dan Pengobatan Gratis

0
110
Pangdam VII Wirabuana, Mayjen Agus Suryabakti memberikan sambutan dihadapan seribuan warga Poso Pesisir dalam Bakti Sosial di desa Saatu kecamatan Poso Pesisir, Jumat (19/8) lalu.(foto :Syarif)

POSO RAYA – Kodam VII Wirabuana, melalui Korem 132 Tadulako, beserta jajaran Kodim 1307 Poso, bekerjasama dengan Yayasan Media Group, menggelar kegiatan kemanusiaan untuk masyarakat di kabupaten Poso. Kegiatan tersebut dihadiri Pangdam VII Wirabuana, Mayjen Agus Surya Bhakti, dan Ketua Yayasan Media Group, Ali Sadikin.
Kegiatan yang bertajuk Bakti Sosial untuk Poso tersebut, diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Operasi Teritorial TNI 2016, sebagai momentum perayaan Kemerdekaan RI ke 71 tahun. Rangkaian kegiatan Baksos kali ini terdiri dari pengobatan umum, sunatan massal, pembagian sembako, perlengkapan ibadah, dan pembagian sarana olah raga.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat hubungan interaksi sosial antara aparat TNI dengan masyarakat. Selain itu, merupakan upaya humanis dari Korem 132 Tadulako untuk membantu kesulitan-kesulitan yang dialami oleh masyatakat, terutama dibidang kesehatan dan pendidikan.
Pangdam Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bhakti, yang hadir ditempat itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Bahkan ia sempat berada di tengah tengah masyarakat dan bersalaman tangan kepada warga Poso Pesisir yang telah lebih dahulu menunggu kedatangannya.
Dalam sambutanya yang begitu singkat namun sangat bermakna itu, Mayjen Agus Surya Bhakti, mengajak segenap masyarakat Poso untuk memaknai Kemerdekaan RI ke 71. Menurutnya kita harus bebas melaksanakan ajaran agama, hidup damai dan berdampingan. Tidak boleh menjelekan suatu suku atau agama lainnya. “Orang Poso dikenal baik, bermartabat dan santun,” ungkapnya.
Mayjen Agus Surya Bhakti, juga mengatakan kegiatan Baksos  tersebut sengaja dilakukan untuk membantu masyarakat di Poso,  dalam rangka perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pihaknya berterima kasih atas sarana dan prasarana yang diberikan oleh Yayasan Media Group, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, yang laksanakan di lapangan desa Saatu, kecamatan Poso Pesisir.

“Kita bersyukur sebagai orang Indonesia dihari kemerdekaan ini. Kita berbagi. Kita dibantu dengan teman-teman, yang hadir disini mewakili bapak gubernur, teman-teman Media Group juga ikut membantu kita. Memberikan sarana dan prasarana yang cukup luar biasa. Terimakasih kepada Media Group,” aku Pangdam.

Dalam acara Baksos tersebut, dibagikan 1.050 paket Sembako kepada masyarakat Poso Pesisir. Warga yang telah memegang kupon dapat  langsung mengikuti antrian dan menukarkan dengan paket sembako. Diantaranya berisikan 1 kilogram beras, beberapa bungkus mie instan, dan minyak kelapa.
Mayjen Agus Surya Bhakti  juga memberikan puluhan Alquran dan Injil, kepada tokoh-tokoh masyarakat se Kecamatan Poso Pesisir. Selain itu juga dilakukan pengobatan gratis terhadap 611 pasien, serta sunatan massal bagi 101 anak. Obat-obatan yang dibagikan dalam kesempatan itu merupakan sumbangan dari Yayasan Media Group.
Ketua Yayasan Media Group Ali Sadikin mengatakan, kegiatan Baksos tersebut merupakan bentuk kepedulian membantu sesama. “Melalui Baksos ini kami ingin menyampaikan bahwa inilah bentuk perhatian kami kepada masyarakat di Poso. Kami bersama TNI hanya ingin membantu masyarakat, semoga bermanfaat,” kata Ali Sadikin di Poso.

Warga yang ikut dalam rangkaian kegiatan tersebut mengaku senang dan terbantu. Mereka berterima kasih terhadap perhatian yang telah diberikan oleh pemerintah kepada warga.

“Sudah biasa. Kegiatan seperti ini sudah biasa bagi kami. Biasa bawa dari anak sampai cucu, sudah biasa. Jadi tidak ada perasaan apa-apa itu. Dengan Baksos ini kami senang, kami terbantu,” ujar Siti Munirah kepada Poso Raya, saat membawa pulang cucux Fiqri yang baru saja disunat ketika itu. (RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY