59 Narapidana Dapat Remisi

0
94
Bupati Poso Darmin A Sigilipu saat memberikan Remisi atau pengurangan masa hukuman kepada Narapida di rutan Kelas II B Poso, Rabu (17/8). FOTO : FHANDY

POSO KOTA – Usai peringatan Hari Ulang (HUT) RI ke-71 yang dilaksanakan di lapangan Sintuwu Maroso, Bupati Darmin A Sigilipu yang di dampingi wakilnya, T Samsuri menyambangi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B untuk secara langsung memberikan remisi umum kepada 59 narapidana.

Dalam acara penyerahan remisi itu, hadir juga Ketua DPRD Ellen E Pelealu, Dandim 1307 Poso Letkol Rian Hanandi, Rektor Unsimar, Kisman Lantang, Kajari Nur Tamam SH serta beberapa pimpinan SKPD. Pemberian remisi diberikan sesuai dengan pasal 14 ayat 1 undang – undang  nomor 12 tahun 1945 tentang pemasyarakatan.

“Bahwa setiap narapidana memiliki hak mendapat pengurangan pidana, melalui remisi juga, narapidana dapat lebih cepat kembali dalam kehidupan masyarakat, hal itu tentunya dapat memperbaiki hubungan narapidana kepada keluarganya,” katanya.

Lanjut Darmin, kunjungannya di rutan itu bukan merupakan kunjungan kusus, melainkan untuk memenuhi permintaan untuk memberikan secara langsung remisi kepada para narapidana yang berhak.

“Ini yang pertama kalinya saya mendapatkan kepercayaan, tugas yang begitu mulia dari Lembaga Pemasyarakatan untuk memeberikan secara langsung remisi kepada 59 narapidana,” jelasnya.

Kepala Rutan kelas II B Poso Gamal Badri menambahkan, untuk jumlah keseluruhan narapidana yang berada di Rutan Kelas II B itu, berjumlah 140 orang dan 59 yang mendapatkan remisi umum.

“dari jumlah 140 narapidana yang ada di Rutan ini, hanya 54 orang yang memenuhi syarat untuk menerima remisi atau penguranagan masa hukuman,” ucapnya. AND

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY