Setelah Brimob Masuk, TNI Akan Menyusul

0
164
Pasukan TNI yang ditempatkan di kecamatan Lore Tengah (foto ;yoanes litha)

POSO KOTA – Terhitung sejak Tanggal 6 Agustus 2016 lalu, Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah kembali dilanjutkan. Sebanyak 741 personel Brimob dari enam Provinsi telah tiba di Poso setelah sebelumnya diterbangkan dari satuan masing-masing.

Ratusan pasukan BKO Brimob tersebut langsung diberangkatkan menuju Kabupaten Poso setelah sebelumnya tiba di Palu menggunakan pesawat komersil yang mendarat di Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu.

Ratusan personel brimob itu telah ditempatkan di empat sektor yang menjadi daerah Operasi Tinombala 2016 di Poso. Kedatangan mereka merupakan pengganti pasukan Brimob yang sebelumnya telah bertugas dalam Operasi Tinombala 2016, dan telah kembali.

Kedatangan personel Brimob dari enam Provinsi tersebut masing-masing dari Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Kelapa Dua Jakarta.

Mereka akan bertugas untuk melanjutkan operasi perburuan terhadap sisa anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang hingga kini masih bertahan di pegunungan Poso.

Penanggung Jawab Operasi Tinombala 2016, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menyatakan operasi lanjutan Tinombala yang ke-tiga telah dimulai. Dimana penempatan pasukan telah dilakukan. Sedangkan pasukan yang telah bertugas sebelumnya, telah kembali ke satuan masing-masing pada Selasa (9/8) kemarin.

“Operasi Tinombala, mulai tanggal enam kita sudah akan melanjutkan Operasi Tinombala lanjutan yang ketiga. Pasukan Brimob ada beberapa yang diganti, dan sudah memasuki dudukan hari ini. Besok mereka akan kembali ke Satuannya masing-masing,” ujar Rudy di Mapolres Poso, Senin (8/8).

Rudy Sufahriadi yang juga menjabat sebagai Kapolda Sulteng ini, tetap mengimbau pada DPO yang tersisa agar menyerahkan diri kepada aparat demi menghindari korban jiwa. Sebab, pasukan yang kembali diturunkan ke medan operasi akan bertugas sama dengan pasukan sebelumnya.

“Operasi Tinombala akan berlanjut dengan jumlah pasukan yang tidak berubah,” tandasya.

Berdasarkan rencana, hari ini Rabu (9/8), pasukan TNI yang diBKO kan Poso, dalam Operasi Tinombala juga akan masuk Poso. Mereka juga merupakan pasukan pengganti, dari pasukan yang telah selesai bertugas sebelumnya.(MM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY