Penegak Hukum Harus Hadapi Sikap Apriori

0
146

POSO KOTA – Isu perilaku oknum pejabat yang senang mengambil uang rakyat  secara illegal dalam hukum di sebut korupsi. Mantan ketua KPK, Busyro Muqqodas, mengatakan, dampak korupsi bukan hanya berakibat  pada kerugian negara tetapi juga mempengaruhi tata sosial masyarakat, teristimewa pada  kondisi physikologinya.
“Orang hanya melihat yang unjuk rasa itu dalam konteks tidak menerima  tindakan oknum pelaku korupsi. Padahal yang sesungguhnya tindakan mereka  adalah reaksi secara kejiwaan kemudian berujung pada kemarahan ditujukan kepada lembaga atau pejabatnya,”kata Busyro saat diskusi di kantor redaksi harian Poso Raya.
Ketidak percayaan ini kemudian berimbas pada kemarahan rakyat setelah melihat berbagai bukti bahwa di megara ini masih ada oknum yang doyan melakukan korupsi dan sialnya, ada pula aparat penegak hukum yang senang memperjualbelikan hukum itu sendiri.
“Selama saya di KPK, bukan hanya sekali kami menangkap basah oknum penegak hukum yang menerima suap dari pelaku usaha yang berkepentingan dengan penyelesaian hukum,”kata Busyro. Sogok menyogok di Indonesia seperti  penyakit yang sudah menjadi tradisi oleh para pejabat. Ini persoalan yang harus di hadapi KPK. Seluruh rakyat harus berpikir keras bagaimana  menghilangkan penyakit korup dan praktek memperdagangkan hukum itu sendiri.

Imbas dari banyaknya berita korupsi telah membuat masyarakat begitu sulit untuk percaya kepada penegakan hukum. “Apriori masyarakat terhadap  penegakan hukum merupakan tantangan semua lembaga hukum di negara kita. Saya melihat reaksi ketidakpercayaan itu sudah cukup kronis,”kata pria yang kini menjadi salah satu pimpinan di PP Muhammadiyah ini.
Tindakan  rakyat sering merobek gambar atau memplesetkan nama pejabat tertentu adalah  reaksi kemarahan mereka atas kedaulatan hukum dianggap tidak berpihak kepada perlindungan nasib mereka sebagai rakyat.
“Uang  sering  di caplok  itu memang peruntukanya kepada rakyat. Kalau sudah keduluan di korupsi bagaimana mau sampai kepada rakyat,” Kata Busyro yang penampilannya selalu sederhana ini.NAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY