Terbukti Korupsi Dana Program Hibah

0
174
Frans W Sowolino saat menjalani sidang di PN Tipikor Palu. (foto :mercusuar)

POSO RAYA – Suara I Made Suadana SH, ketua majelis hakim perkara korupsi dengan terdakwa mantan Rektor Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Frans W Sowolino, terdengar tegas membacakan putusannya yang menjatuhkan hukuman 4 tahun atas kasus korupsi dana program hibah pembinaan Perguruan Tinggi Swasta tahun 2013. Perkara ini terjadi saat Frans menjabat sebagai Rektor di perguruan tinggi yang masih muda ini. Frans juga terlihat tegar.

Oleh Majelis Hakim, dalam sidang dengan agenda putusan pada Senin (1/8) lalu, Frans W Sowolino dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam Pasal 2  ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang pencegahan Tindak Pidana Korupsi.
Dalam dakwaan JPU Frans didakwa merugikan negara ratusan juta rupiah dari total anggaran sebesar 1,1 miliar yang bersumber dari APBN 2013. Anggaran itu sendiri seharusnya diperuntukkan bagi pengadaan sejumlah peralatan di kampus perdamaian itu.
Saat tersangkut kasus ini, Frans ditunjuk menjadi Direktur PT. Lemba Poso Global Mandiri yanng merupakan badan usaha milik daerah kabupaten Poso yang dibentuk dimasa pemerintahan Bupati Piet Inkiriwang.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Sin Songgo mengatakan pihaknya akan memberhentikan yang bersangkutan bila perkaranya dilimpahkan ke pengadilan.
Sementara itu terkait posisi Frans sebagai Direktur perusahaan milik daerah ini, wakil Bupati T Samsuri yang dikonfirmasi mengungkapkan pemda masih akan mencari informasi terkait status Frans Sowolino.(rif)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY