Ruskin: Tinggal Tunggu Pengukuran

0
103
Ruskin Abusama

POSO KOTA – Sudah sekian lama warga transmigran Kancuu, Pamona Timur menunggu kejelasan hak mereka atas lahan seluas 2 hektar (ha) yang hingga kini belum kunjung mereka dapatkan. Atas kegelisahan itu, Kepala Dinas Nakertrans kabupaten Poso, Ruskin Abusama menyatakan, pemerintah akan segera menyerahkan lahan yang menjadi hak para transmigran itu.
“Akan segera kita serahkan. Sekarang masih menunggu pengukuran dari dinas Nakertrans provinsi, saat ini prosesnya sementara di tenderkan,”jelas Ruskin kepada Poso Raya, Selasa (2/8)kemarin.
Hingga kini sebagian warga dilokasi transmigran yang berasal Jawa Tengah itu harus memenuhi kebutuhan hidup dengan bekerja sebagai buruh di perusahaan sawit yang ada tidak jauh dari lokasi pemukiman mereka. Sementara lahan yang baru tersedia hanyalah pekarangan dan sedikit lahan untuk bercocok tanam.
Dikatakan Ruskin dinasnya tidak berpangku tangan melihat penderitaan warga Transmigran ini. Beberapa waktu lalu, beberapa orang warga yang menderita sakit mendapat bantuan dari dinas berupa biaya berobat baik yang dirawat di RSUD Poso maupun yang dirujuk ke rumah sakit di Palu.
Ruskin berharap pemerintah pusat dalam mengirimkan transmigran harus menyeleksi dulu kondisi kesehatan mereka sebelum ditempatkan ke daerah tujuan agar tidak menjadi beban bagi daerah tujuan.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY