Operasi Besar dan 63 Tim Pengejar

0
160
Pasukan bersenjata lengkap berjaga di pos Polsek Poso Pesisir Utara.(foto Yoanes litha)

POSO KOTA – Salah satu kunci keberhasilan operasi Tinombala 2016 mengakhiri gerilya Santoso di gunung Biru adalah diturunkannya kelompok pengejar yang dipecah dalam 63 tim.
Salah satu bagian tim inilah yang akhirnya menemukan Santoso disebuah lokasi hutan Tambarana yang saat itu tengah beristirahat. Tim ini dipilih dari kesatuannya dengan kemampuan mengejar tanpa henti.
Operasi besar yang digelar di 2 sektor dari 4 sektor yang ada meliputi 7 wilayah kecamatan Poso Pesisir bersaudara dan Lore bersaudara. Adapun 2 sektor yang menjadi pusat pengejaran meliputi kecamatan Poso Pesisir di sektor 2 dan Poso Pesisir Selatan di sektor 3.
Kedua sektor ini menjadi wilayah yang paling memungkinkan kelompok Santoso bersembunyi dan melancarkan aksi terornya. Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS ini juga memecah diri menjadi 2, yang pertama berjumlah 7 orang dibawah pimpinan Santoso dan kelompok kedua berjumlah 14 orang dibawah Ali Kalora.
Disektor 2 dikerahkan pasukan gabungan TNI/Polri dipecah dan bergerak secara terpisah dari berbagai titik memasuki pegununan di desa Tambarana, Kilo, Tamanjeka dan Tangkura. Pasukan yang dipecah dalam 63 tim ini merupakan mereka yang dipilih secara khusus untuk kemampuan melakukan pengejaran tanpa henti, mereka berasal dari TNI maupun Brimob Polri.
Akhirnya pada 18 Juli 2016 sekira pukul 17;00 wita, salah satu tim, yakni tim Alfa 29 dari Raiders 505 Kostrad berhasil menemukan Santoso dan kelompoknya.
Komandan Daerah Operasi Tinombala, Kombes Leo Bona Lubis mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh 10 hari lalu dilakukan rapat anev dan evaluasi seluruh informasi itu dan memutuskan dilakukan operasi besar di 2 sektor yakni sektor 2 dan sektor 3.
“Pasukan paling besar kita mengerahkan 63 tim itu khusus hanya di wilayah Poso Pesisir dengan 3 sasaran, pertama Tambarana, kemudian Kilo kompleks, Tamanjeka keatas sampai Tangkura,”jelas Leo Bona Lubis.
Adapun tim Alfa 29 yang akhirnya menemukan Santoso bertugas menutup jalur pelarian, jadi total ada 8 tim yang digunakan untuk menutup jalur pelarian kelompok ini yang sebelumnya sudah diperkirakan.(YHL)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY