Proposal Kelompok Tani Diseleksi Ketat

0
130
Murniati Putosi

POSO KOTA – Program cetak sawah baru yang dilaksanakan oleh dinas pertanian bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat guna meningkatkan produksi pangan kini terus berjalan. Agar tidak salah sasaran, sejak awal kelompok penerima sawah baru ini melalui proses seleksi ketat sejak saat proposal mereka masuk ke dinas.
Kepala dinas Pertanian, Murniati Putosi, mengatakan, proses seleksi sudah dilakukan sejak kelompok tani mengajukan proposal cetak sawah baru diwilayah mereka. Sejak proposal itu masuk maka dinas, kata Murniati melakukan proses verifikasi kelayakan lahan yang diajukan oleh kelompok tani.
“Yang dilihat oleh tim verifikasi itu mulai dari sumber pengairan, kualitas lahan serta kualitas pengorganisasian kelompok yang bersangkutan,”jelas Murniati. Selain proses verifikasi lahan dan kemampuan kelompok, Murniati menambahkan pentingnya keberadaam air di lahan yang akan dijadikan sawah sangat vital. Saking pentingnya air, dinas lanjut Murniati juga membangun saluran irigasi tersier diantaranya lewat pipanisasi dan pompanisasi untuk wilayah yang belum memiliki sistem pengairan teknis.
Salah satu contoh pembangunan irigasi tersier ini sudah dilakukan di dusun Tamanjeka dengan membangun jaringan pipa sepanjang hampir 3 kilometer yang berfungsi mengairi sekitar 50 hektar sawah diwilayah ini.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY