Tidak Berikan Dampak Positif Bagi Murid

0
159
Frengky O Tompira

POSO KOTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) mengimbau kepada seluruh sekolah mulai tahun ajaran baru 2016 – 2017 tidak diperkenankan melaksanakan Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), hal tersebut di karenakan tidak berdampak baik bagi peserta didik, Disdikbud juga akan mendukung program Mendikbud tentang Literasi Sekolah menumbuhkan minat baca anak didik.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdsas) Frengky O Tompira mengatakan, pelaksanaan MOS di sejumlah sekolah itu tidak berdampak baik bagi kemajuan pendidikan.

“Menteri menyampaikan bahwa kegiatan MOS pada tahun ajaran baru ini harus dihilangkan, kegiatan itu nantinya akan di ganti dengan pengenalan sekolah bagi siswa baru, itu, sudah diatur Peraturan Mendikbud Nomor 18/2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru,” kata Frengky

Menurut Frengky, dihilangkanya kegiatan MOS itu, akan berdampak baik bagi siswa serta akan meningkatkan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Poso. Selain itu, Disdikbud juga berharap sejumlah sekolah dapat menumbuhkan budi pekerti pada seluruh siswanya termasuk siswa baru.

“Banyak pro kontra tenang kegiatan MOS itu, ada yang beranggapan mendekatkan satu sama lain ada juga yang beranggapan tidak baik bagi perkembangan pendidikan, dari hasil evaluasi Mendikbud kegiatan MOS pada tahun ajaran baru itu, dihilangkan, nantinya kita juga terapkan di sejumlah sekolah untuk menumbuh kembangkan budi pekerti pada anak didik itu, nantinya kita akan sampaikan di sejumlah sekolah,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung literasi sekolah pihaknya juga akan menerapkan minat baca kepada siswa yang nantinya akan di sesuaikan dengan jenjang pendidikannya.

“Mulai tahun ajaran baru ini kita akan tumbuhkan minat baca siswa, kita sudah siapkan itu, mulai dari bahan bacaan yang di sesuaikan dengan tingkat pendidikannya, karena dari data yang didapatkan di Indonesia itu, hanya 20 persen saja yang memiliki minat baca, kita disini akan menerapkan minat baca siswa untuk mendukung literasi sekolah itu,” tegasnya. AND

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY