Kaum Muda Menguat Pimpin DPC Poso

0
169
Jani Mamuaja

POSO KOTA – Musyawarah Cabang (Muscab) bagi pengurus DPC Partai Demokrat Se-Sulawesi Tengah diperkirakan akan berlangsung bulan ini. Menurut salah seorang pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Demokrat Sulawesi Tengah, Ir.Jani Mamuaya, musyawarah di tingkat cabang partai besutan SBY itu, kali ini akan dilaksanakan secara serentak di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. “Semua DPC akan melaksanakan musyawarah secara serentak, model ini kita sudah uji di beberapa Provinsi dan hasilnya sangat efektif”, kata Jani Mamuaya.
Ditambahkan oleh mantan Ketua DPRD Poso itu, suksesi kepemimpinan di tubuh Partai Demokrat berbeda dengan partai lainnya, sebab selain pelaksanaannya secara serentak di masing-masing Provinsi, kepanitiaannya juga dilaksanakan oleh pengurus di tingkat Provinsi. “Kalau kita di Demokrat sudah seperti itu, jadi Muscab itu dilaksanakan oleh Provinsi, bukan pengurus kabupaten, begitu juga kalau Musda di tingkat Provinsi dilaksanakan oleh pengurus DPP”, tambah Jani yang dikonfirmasi via ponselnya beberapa hari lalu.
Mengenai mekanisme pemilihan Ketua DPC, Jani menegaskan bahwa setiap bakal calon harus mendapatkan dukungan sekurang-kurang 30 persen pengurus anak cabang. Karena itu kata Jani, Calon Ketua DPC kemungkinan hanya bisa menampilkan paling banyak 3 orang. “Kalau dengan persentase itu, praktis hanya ada 3 calon kan, bahkan sangat mungkin muncul calon tunggal”, kata Jani.
Sementara itu, konstalasi politik di internal DPC Poso nampaknya mulai menghangat. Beberapa mantan anggota partai Demokrat mulai menyoroti kepemimpinan Piet Ingkiriwang, yang dinilai gagal dalam mengelola partai berlambang mercy itu, sehingga kalah telak dalam Pilkada 2015 lalu. Karena itu, beberapa kalangan menilai, pertarungan di DPC Poso akan berhadapan kubu pendukung Piet Ingkiriwang dan kubu penantang yang akan mendorong kader muda. “Kita perlu regenerasi, kalau tidak partai ini akan ditinggalkan oleh pemilih militannya”, kata mantan anggota DPRD Partai Demokrat, Amsal Hasyim.
Senada dengan Amsal, Jufri Lanancu menilai, Partai Demokrat Poso saat ini membutuhkan darah segar untuk bisa keluar dari kebekuan. “Kalau mau maju pilihannya hanya satu, dorong kaum muda”, kata Jufri, menolak menyebut nama yang akan dijagokan. “Kalau generasi muda di demokrat kan banyak, pokoknya nanti kita lihatlah”. Kunci Jufri. (CR-4)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY