Desa Pancasila Andalkan Sawah, Kembangkan Palawija

0
140
Sawah desa Pancasila

PANCASILA – Seperti diungkapkan oleh Kepala desa Pancasila, Pamona Timur, Meydi Herry Kalalo, pihaknya terus berupaya bersama seluruh masyarakatnya  memacu sektor pertanian, mengingat bahwa 80 persen warganya adalah petani.

Topografi desa Pancasila terbagi atas tiga fase kemiringan lahan, yang terdiri 70 persen tanah datar, 10 persen perbukitan, 20 persen pegunungan. Dengan kondisi tanah seperti ini para petani di desa Pancasila lebih cenderung mengelola usaha pertnian persawahan serta palawija ditanah dataran .
Seketaris Desa Pancasila, Maydi Rongko, menguraikan potensi menjanjikan yang sebenarnya dimiliki desanya, Seperti tergambar dalam data luas sawah  tanaman pangan 100 ha yang bisa diairi secara teknis dan yang 100 ha berupa sawah tadah hujan yang bisa dikembangkan  selain padi juga bisa dikembangkan menjadi lokasi penanaman palawija( Jagung, kedelai).
Dengan potensi besar ini, Pancasila, menurut Meydi Kalalo akan mengembangkan merica sebagai tanaman sela disetiap lahan warganya. Untuk mensukseskan program ini, setiap kepala keluarga diberikan bantuan 60 pohon bibit merica
Dengan potensi besar pada sawah dan palawija ini, sejumlah orang menilai desa Pancasila sangat agraris sehingga tidak perlu lagi mengembangkan tanaman sawit.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY